panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Februari 2013 | 10:25 wib
Bahan Kimia Impor Dibatasi, SMK Kimia Industri Kesulitan

 
SOLO, suaramerdeka.com –
SMK yang memiliki Program Keahlian Kimia Industri di Kota Solo mengaku kesulitan menemukan bahan untuk Ujian Praktik Kejuruan (UPK). Sebab, beberapa bahan kimia industri yang berasal dari luar negeri kini sudah dibatasi memasuki wilayah Indonesia.

"Untuk mendapatkan beberapa bahan praktikum kimia industri, sekolah harus memiliki dokumen yang lengkap. Selain itu, sekolah juga harus mengikuti prosedur yang cukup kompleks," kata Kepala SMK Santo Paulus, Sri Pujianti.

Dia menjelaskan, salah satu bahan yang saat ini sulit diperoleh yakni photassium permanganate. "Bahan kimia itu sering disalah gunakan untuk membuat bom," paparnya.

Padahal photassium permanganate sering kali digunakan SMK tersebut untuk menganalisa zat yang terkandung dalam air. Selain itu, bahan yang juga susah diperoleh adalah amyl alcohol. Zat tersebut biasanya diguanakan untuk mengekstraksi zat kimia lain.

Dengan waktu UPK yang relatif masih lama, Pujianti mengaku akan terus mencoba mencari bahan tersebut. Rencananya, siswa akan diberi tugas untuk membuat biodiesel dari minyak jelantah dan esens amilasetat untuk membuat aroma makanan pada UPK. Selain Program Kompetensi Kimia Industri, SMK tersebut juga memiliki Program Kompetensi Analis Kesehatan.

Sementara itu, Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dikpora Kota Surakarta, Budi Setiono, mengungkapkan sekolah bisa memanfaatkan alternatif soal yang telah disediakan. "Ada paket pilihan satu, dua dan tiga. Jadi sekolah bisa memilih bahan yang paling mudah didapat," ungkapnya.

( Evie Kusnindya / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 35481
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36699
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 37116
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 41239
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 36297
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER