panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
22 Januari 2013 | 19:37 wib
Puluhan Angkutan di Temanggung Terjaring Razia
image

DIPERIKSA: Petugas gabungan Polres dan Dishub, memeriksa angkutan umum di Terminal Induk Madureso, Temanggung, Selasa (22/1). (suaramerdeka.com/Raditia Yoni Ariya)

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com - Puluhan angkutan penumpang dan angkutan barang terjaring razia yang dilakukan tim gabungan Dinas Perhubungan dan Polres Temanggung, di Terminal Induk Madureso, Selasa (22/1). Razia kelaikan jalan dan administrasi kendaraan ini dilakukan selama kurang lebih satu jam, dengan sasaran truk bak terbuka, mobil boks, bus, serta angkot.

Kasi Pelayanan Penunjang, Unit Pelayanan Perhubungan (UPP), Magelang, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Bambang Adiono mengatakan, dari total 108 jumlah kendaraan yang diperiksa, ditemukan 41 pelanggaran.

"Mayoritas angkutan yang terjaring karena ketidakpatuhan dari sisi administrasi, antara lain habis uji kir dan izin trayek. Kalau dilihat dari prosentase sekitar 70 persen pelanggaran dari sisi administratif dan 30 persen pelanggaran teknis. Untuk teknis berupa ketidakberesan rem, lampu, dan kelaikan kendaraan lainnya," katanya. 

Menurut Bambang, razia secara rutin setiap satu bulan dilakukan oleh Unit Pelayanan Perhubungan Magelang, meliputi wilayah kerjanya di Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Wonosobo dan Temanggung. Sasaran angkutan sendiri untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Kecelakaan biasanya disebabkan dari sisi teknis, seperti kelaikan jalan kendaraan. Apalagi ini musim penghujan kami harap roda depan kendaraan tidak dipasangi ban vulkanisir, sisitem rem dan lampu harap diperhatikan juga," imbuhnya.

Kanit Turjawali, Polres Temanggung, Aiptu Harun Winardi menambahkan, razia kali ini dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan yang kerap disebabkan oleh perilaku ugal-ugalan sopir dan ketidaklaikan kendaraan.

"Kami lihat ada kekurang layakan dari faktor teknis yang bisa menyebabkan lakalantas misalnya lampu sign tidak hidup. Kami himbau pengemudi untuk hati-hati ini musim hujan," terangnya.

( Raditia Yoni Ariya / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
28 Agustus 2014 | 18:16 wib
Dibaca: 9
28 Agustus 2014 | 18:05 wib
Dibaca: 63
28 Agustus 2014 | 17:52 wib
Dibaca: 63
28 Agustus 2014 | 17:40 wib
Dibaca: 162
28 Agustus 2014 | 17:28 wib
Dibaca: 124
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER