panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
12 Januari 2013 | 05:02 wib
Uji Coba Jalur Lingkar Selatan, Bus dan Mikrobus Tidak Lewat Kota
.


WONOSOBO, suaramerdeka.com -
Untuk melakukan penataan Kota Wonosobo, mulai 1 Januari 2013, diberlakukan uji coba jalur lingkar selatan. Bus besar maupun mikrobus dari arah Banjarnegara/Purwokerto maupun dari Wadaslintang dan Kebumen, dilarang masuk Kota Wonosobo. Bus dan mikrobus harus melewati jalur lingkar selatan menuju terminal bus Mendolo.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Wonosobo, Drs One Andang Wardoyo MSi yang dihubungi Suara Merdeka, kemarin, mengatakan uji coba rute terhadap bus dan mikrobus dari arah Purwokerto dan Wadaslintang, pada tahap awal diberlakukan selama tiga bulan. Setelah itu akan dilakukan evaluasi.

Andang Wardoyo menyebut, melalui uji coba tersebut diharapkan bisa mengurangi kepadatan arus lalu lintas di dalam Kota Wonosobo. Selain uji coba jalur lingkar selatan, pihaknya berencana melakukan penataan parkir di sekitar pasar induk Wonosobo, yang sekarang ini sudah sangat padat dan relatif memenuhi jalan di pusat perbelanjaan tersebut.

Menurut dia, penataan berikutnya adalah kepadatan parkir kendaraan di kawasan alun-alun, pada hari Minggu. Disarankan, nantinya masyarakat berhari Minggu di alun-alun dengan berjalan kaki. Demikian halnya dengan sub terminal mikrobus jurusan Wonosobo-Dieng-Batur dan Wonosobo-Watumalang, tak luput dari penataan. Idealnya, semua angkutan masuk ke terminal induk Mendolo.

Berkait dengan uji coba rute di jalur lingkar selatan, lanjut Andang Wardoyo, kini jalan di sepanjang kawasan itu dibenahi. Aspal mengelupas maupun berlubang telah ditembel. Sejumlah fasilitas berupa rambu yang diperlukan juga akan dipasang.

Jalur lingkar selatan, mulai simpang tiga Kalierang Kecamatan Selomerto sampai simpang tiga Makam Pahlawan Wiropati Wonosobo, panjang berkisar 7,5 Km, tidak melewati Kota Wonosobo. Pada jalur tersebut, khususnya pada ruas Kalierang-Wilayu-Keseneng sepanjang tiga Km, merupakan jalur yang perlu diwaspadai. Karena berupa tanjakan dan turunan terjal dengan sejumlah tikungan tajam.

( Sudarman / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
Index Berita
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 11567
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12231
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12033
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14298
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 11639
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER