panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
12 Januari 2013 | 03:26 wib
IPAL Komunal Rumah Tangga Diresmikan
"Pembangunan IPAL komunal ini untuk mencegah pencemaran air tanah dari bakteri e-coli akibat pembuangan limbah rumah tangga yang kurang memadai"
--- Wali Kota Pekalongan, M Basyir Ahmad

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Wali Kota M Basyir Ahmad meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal di RT 03/ RW 06, Kelurahan Landungsari, Kecamatan Pekalongan Timur, Jumat (11/1). Sebanyak 80 Kepala Keluarga (KK), 400 jiwa memanfaatkan IPAL komunal itu untuk pembuangan limbah rumah tangga mereka.

IPAL komunal tersebut akan menampung limbah dari kegiatan mandi, cuci, kakus dan dapur dari 80 rumah tangga di RT 03/RW 06 tersebut. Menurut Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Pekalongan, Aris Sidharcahya, pengolahan limbah rumah tangga secara komunal itu untuk mencegah pencemaran air yang disebabkan pembuangan limbah rumah tangga yang kurang memadai.

"Pembangunan IPAL komunal ini untuk mencegah pencemaran air tanah dari bakteri e-coli akibat pembuangan limbah rumah tangga yang kurang memadai," jelasnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan bekerja sama dengan Asian People’s Exchange (Apex) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk mewujudkan pembangunan IPAL komunal tersebut. Dari Rp 335 juta dana yang terserap untuk pembangunan IPAL komunal tersebut, Pemkot Pekalongan mengalokasikan dana Rp 107 juta untuk membangun jaringan pipa induk. Sementara 70 persen sisanya dari Apex-JICA.

Peresmian IPAL komunal dihadiri Direktur Eksekutif Apex Dr Hitoshi Inoue (Nao Tanaka). Wali Kota mengatakan, program pembangunan IPAL komunal di Landungsari nantinya akan direplikasi di tiga kecamatan lainnya. Yakni Kecamatan Pekalongan Utara, Kecamatan Pekalongan Barat dan Kecamatan Pekalongan Selatan.

"Semua kecamatan nantinya harus ada satu IPAL komunal," harapnya.

( Isnawati / CN15 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
24 Juli 2014 | 10:58 wib
Dibaca: 99
24 Juli 2014 | 10:47 wib
Dibaca: 94
24 Juli 2014 | 10:36 wib
Dibaca: 100
24 Juli 2014 | 10:25 wib
Dibaca: 212
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER