panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Januari 2013 | 00:32 wib
Pemerintah Buka Peluang Pemekaran Brebes

BREBES, suaramerdeka.com - Pemerintah tetap membuka peluang pemekaran daerah, tidak terkecuali dengan pemekaran Kabupaten Brebes. Penegasan itu disampaikan oleh Ketua DPRD Brebes H Ilia Amin berdasarkan hasil Bintek Pemekaran Daerah di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa waktu lalu.

"Respon pemerintah dalam hal ini Kemendagri positif, begitupula dengan DPRD Provinsi karena pemekaran adalah hak demokratis warga negara. Peluangnya tetap terbuka lebar asalkan sejalan dengan peraturan perundangan yang ada," ungkap Ilia Amin, di Bantarkawung, Rabu (9/1).

Politikus PDIP tersebut menyatakan proses pemekaran daerah yang diusulkan oleh masyarakat Brebes selatan saat ini memasuki tahapan pembentukan panitia khusus (Pansus). Seperti diketahui, pada 20 Desember 2012, Presidium, Forkom Kades dan Paguyuban Kades menyerahkan berkas usulan pemekaran yang tertuang dalam SK Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Menurut Ilia, pansus dibentuk untuk melakukan cross check lapangan sekaligus meneliti dan melengkapi berkas/usulan pemekaran, termasuk didalamnya menentukan nama dan calon ibukota kabupaten. "Pertengahan bulan ini Pansus sudah terbentuk dan langsung kerja. Kami menargetkan, pada April mendatang hasilnya sudah bisa disampaikan ke Provinsi," kata dia.

Dalam proses kerjanya, lanjut Ilia, Pansus akan menggandeng tim ahli dari Perguruan Tinggi (PT) untuk melaksanakan kajian seperti mengenai kewilayahan dan keuangan. Adapun untuk mendukung kinerja Pansus, DPRD mengalokasikan anggaran sebesar Rp 500 juta. “PT mana yang akan dipilih, itu menjadi kewenangan Pansus,” katanya.

Ditambahkan, DPRD juga akan membentuk Tim Asistensi Pemekaran. “Tugas DPRD hanya mengusulkan pemekaran ke tingkat Provinsi. Setelahnya, Tim Asistensi-lah yang mengawal,” ujarnya.

Ketua Presidium Pemekaran drg Rozikin menyatakan berdasarkan kajian yang dilakukan mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyebutkan enam kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Brebes yakni Salem, Bantarkawung, Paguyangan, Sirampog, Tonjong dan Bumiayu layak menjadi daerah otonomi baru (DOB). Kajian yang dilakukan pada tahun 2004 tersebut juga menyebutkan Kecamatan Bumiayu sebagai calon ibukota kabupaten.

( Teguh Inpras Tribowo / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
23 Juli 2014 | 11:49 wib
Dibaca: 66
23 Juli 2014 | 11:38 wib
Dibaca: 107
23 Juli 2014 | 11:28 wib
Dibaca: 71
23 Juli 2014 | 11:18 wib
Dibaca: 137
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER