panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
18 Desember 2012 | 21:36 wib
Pawai Budaya Hari Jadi Purbalingga Meriah

PURBALINGGA, suaramerdeka.com - Pawai budaya memperingati hari jadi ke 182 Kabupaten Purbalingga, Selasa (18/12) benar-benar menjadi hiburan tersendiri bagi warga masyarakat setempat. Ribuan warga turun ke jalan menyaksikan pawai yang digelar mulai dari jalan Jenderal Soedirman barat hingga di alun-alun.

Berbagai seni budaya ditampilkan, mulai dari tarian Lenggasor, karya putra Purbalingga hingga seni tradisi yang nyaris punah seperti Buncisan, Angguk dan Rodad ikut ditampilkan. Pawai diawali dengan menampilkan komunitas penggemar sepeda tua. Penampilan ini cukup unik karena para anggota komunitas yang jumlahnya mencapai ratusan menggunakan pakaian yang nyeleneh. Ada yang berdandan seperti pejuang, dan ada pula yang seperti seniman.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Akhmad Khotib mengungkapkan, pawai budaya diikuti 36  regu yang berasal dari 18 kecamatan se-Purbalingga. Penampilan seni yang disuguhkan seperti seni dames, angguk, rodak, kenthongan, hadroh, ebeg, buncisan, begalan dan sejumlah seni lainya.

“Pawai budaya ini selain untuk memeriahkan hari jadi Purbalingga, juga untuk nguri-nguri budaya dan seni khususnya jenis seni yang nyaris punah" kata Khotib.

Sementara itu Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko disela-sela menyaksikan pawai budaya menyatakan, pihaknya mengajak seluruh warga masyarakat untuk bekerja keras, dan menjaga kerukunan. “Kami juga menyadari masih ada kekurangan dalam memimpin Purbalingga, namun disisi lain juga ada sejumlah keberhasilan. Tentunya, kekurangan itu akan menjadi koreksi dan untuk dibenahi. Sedang, hal-hal yang sudah baik, akan terus dipertahankan dan ditingkatkan,” kata Bupati Heru Sudjatmoko.

Menurutnya, pada tahun 2013 akan memfokuskan untuk prasarana sosial ekonomi yang diharapkan dampaknya akan menggerakan ekonomi rakyat. “Pemkab juga akan memperhatikan untuk masyarakat yang termarginalkan, dan juga kesejahteraan tenaga kerja untuk mengupayakan peningkatkan UMK dan pengurangan pengangguran,” kata Bupati.

Ia menambahkan, pihaknya bersama dengan sejumlah bupati di wilayah Jateng Barat – Selatan terus mengupayakan pengoperasian Lapangan Udara (Lanud) Wirasaba menjadi bandara komersial. “Sejumlah pihak sudah mendukung pengembangan bandara Wirasaba, termasuk gubernur Jateng, sehingga akan mampu membuka akses transportasi udara di wilayah Jateng Barat Selatan,” kata Heru.

( Ryan Rachman / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 35481
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36699
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 37116
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 41239
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 36297
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER