panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
16 Desember 2012 | 14:45 wib
61.300 Itik Mati di Jateng

SEMARANG, suaramerdeka.com – Kematian itik atau bebek secara mendadak yang diduga akibat virus flu burung atau Avian Influenza (AI) terus meluas. Sampai Minggu (16/12), tercatat telah 61.300 itik yang mati di 21 kabupaten kota di Jateng.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng Whitono mengatakan, kasus tersebut kali pertama diketahui pada bulan September 2012 dan terus menyebar dengan cepat. Kasus terbanyak terdapat di daerah-daerah seperti Demak, Pemalang, Wonosobo, Karanganyar, Brebes, dan Jepara.

Hal ini merupakan fenomena baru karena virus flu burung biasanya menyerang ayam. "Sebelumnya tidak pernah ada itik yang mati karena flu burung, biasanya pada unggas atau ayam," katanya.

Dari analisis sementara, penyebab AI menyerang itik ialah virus tersebut mengalami mutasi. Virus yang sudah bermutasi itu diduga masuk ke Indonesia melalui migrasi burung. Namun yang terpenting saat ini ialah bagaimana langkah pencegahan.

Dinas Pertanian telah menghimbau peternak untuk mencegah persebaran dengan disinfektan. Sebanyak 9.300 liter disinfektan telah disebar hingga akhir 2012 ini. Peternak yang mengetahui itiknya mati mendadak juga diminta segera berkoordinasi dengan Dinas.

Whitono juga memperingatkan bagi peternak yang akan melakukan kontak langsung dengan itik terinfeksi, sebaiknya menggunakan masker. "Setelahnya harus mencuci tangan dengan sabun. Jangan lupa langkah-langkah biosecurity, yakni kebersihan kandang," jelasnya.

Sementara itu Gubernur Jateng Bibit Waluyo mengaku kaget dengan kasus kematian itik secara massal. Menurutnya, hal itu juga dipengaruhi faktor musim yang ekstrim.

"Belakangan ini banyak itik yang mati, padahal selama ini kebal. Mari telur kita tetaskan jadi meri, jangan sampai menyerang itu, (nanti) endoke bablas," katanya.

( Anton Sudibyo / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
23 Juli 2014 | 08:33 wib
Dibaca: 22
23 Juli 2014 | 08:22 wib
Dibaca: 53
23 Juli 2014 | 08:11 wib
Dibaca: 53
23 Juli 2014 | 08:00 wib
Dibaca: 134
23 Juli 2014 | 07:48 wib
Dibaca: 142
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER