panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
02 Desember 2012 | 23:14 wib
Kemenhum dan HAM Gratiskan Pelatihan SABH Notaris


SEMARANG, suaramerdeka.com
- Kementerian Hukum dan HAM akan menggratiskan pelatihan Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) bagi notaris. Pelatihan SABH dan ujian kode etik notaris menjadi syarat mutlak jika seseorang ingin menjalankan profesi sebagai notaris.

"Ke depan, Kemenhum dan HAM melalui Dirjen AHU (Administrasi Hukum dan Umum) akan melaksanakan kegiatan pelatihan SABH secara gratis. Segala bentuk kerja sama terkait kegiatan tersebut tidak dipungut biaya," ujar Kepala Humas Dirjen AHU Kemenhum dan HAM, Sucipto.

Hal itu disampaikan saat membuka Diklat Perbankan Syariah, Fidusia dan Orientasi SABH, diprakarsai Alumni Kenotariatan (Aknot) bekerja sama dengan Prodi Magister Kenotariatan Undip, di Gedung Pascasarjana Undip Jalan Imam Bardjo.

Sucipto mengatakan, pelatihan SABH menjadi keharusan bagi notaris ini sesuai yang diamanatkan dalam UU No 30/2004 tentang Jabatan Notaris.

Sementara itu, Sekretaris Akademik Magister Kenotariatan Undip Prof Dr Budi Santoso menyebutkan, ada gagasan untuk memasukkan SABH ke kurikulum menjadi mata kuliah tersendiri. Namun sembari menunggu kajian, pihaknya telah mengajukan pada Kemenhum dan HAM agar pelatihan SABH bisa digratiskan bagi lulusan studi kenotariatan.

"Kami sudah mengajukan surat permohonan kerja sama antara Magister Kenotariatan Undip dengan Kemenhum dan HAM," katanya.

Ketua Aknot Dr Widhi Handoko SH SpN menyampaikan, kegiatan tersebut dihadiri 430 orang. Animo peserta tinggi sekali, sebab ada yang berasal dari Sumatera, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua. Adapun diklat perbankan syariah ini menjadi keharusan bagi notaris yang akan bekerja sama dengan lembaga keuangan syariah.

"Permohonan sertifikasi notaris tidak mudah, sebab yang mengatur perizinan hanya Bank Indonesia dan harus mendapat dukungan dari program studi (Kenotariatan)," terangnya.

( Hartatik / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 25427
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 27080
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 26774
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 30215
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 26026
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER