panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
26 November 2012 | 17:17 wib
Kelurahan Wonodri Akan Dijadikan Sentra Bandeng Cabut Duri
.


SEMARANG, suaramerdeka.com -
Meski berada di Kecamatan Semarang Selatan, namun Kelurahan Wonodri berusaha untuk mengembangkan potensi pesisir. Salah satunya adalah industri atau usaha bandeng cabut duri.

Saat ini masyarakat Wonodri tengah giat-giatnya berlatih usaha yang tergolong sederhana, namun wajib memiliki ketekunan. Yaitu melatih keahlian mencabut duri bandeng.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan di Balai Kelurahan Wonodri belum lama ini, diikuti oleh sejumlah ibu-ibu dan remaja putri. Tidak hanya dari Wonodri, peserta pelatihan juga ada yang ebrasal dari kelurahan lain se-Kecamatan Semarang Selatan. Pelatihan ini sendiri dilaksanakan atas kerja sama PAC Partai Gerindra dan kelurahan setempat.

Dalam sambutannya, Ketua PAC Partai Gerindra Semarang Selatan Budi Uriptono menegaskan, bahwa partai berlogo burung garuda ini memang serius dalam memberdayakan masyarakat khususnya dalam bidang perekonomian. Apalagi sebagian masyarat Semarang masih membutuhkan sentuhan ketrampilan untuk bisa lebih  mandiri dalam hal perekonomian.

Pelatihan mencabut duri ikan bandeng ini sendiri, cocok dengan potensi yang dikandung Semarang. "Sejak dulu Semarang terkenal dengan bandengnya yang enak. Selama ini masyarakat sudah sangat akrab dengan bandeng presto, kalau ada inovasi tentu masyarakat akan lebih senang," katanya.

Jika bandeng sudah dipresto, maka akan kesulitan dalam mengkreasikan menjadi makanan. Lain halnya jika bandeng itu masih mentah dan segar, sehingga bisa diolah menjadi aneka makanan yang memiliki cita rasa tinggi.  Dia mengakui, mengkonsumsi bandeng segar memang terkendala pada banyaknya duri kecil-kecil pada daging ikan yang hidup di air payau itu.

"Jika sudah dicabut durinya akan memudahkan mengkonsumsinya," ujarnya.

( Lanang Wibisono / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
Index Berita
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 35262
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36491
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 36881
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 40995
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 36066
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER