panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
13 November 2012 | 07:12 wib
Pelaku UMKM Difasilitasi Menjadi Pengusaha

KUDUS, suaramerdeka.com - Bila tidak ada perubahan agenda, akhir tahun ini Pemerintah Kabupaten Kudus akan meresmikan koperasi pedagang kaki lima (PKL) dan Usaha Mikro Kecil dan Menenengah (UMKM) di wilayahnya.

Pelaku usaha tersebut sebelumnya menggelar dagangan di dekat sejumlah sekolah. Pembentukan koperasi tersebut dimaksudkan sebagai rintisan usaha menjadikan mereka sebagai pengusaha.

Bupati Kudus H Musthofa mengemukakan hal itu kepada Suaramerdeka.com, Selasa (13/11). Ditambahkannya, bila membentuk koperasi maka pengembangan usaha akan lebih mudah dilakukan. ''Jumlah anggota sementara sudah mencapai puluhan,'' katanya.

Pihaknya sudah meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk terlibat langsung dalam pembinaan PKL tersebut. Dari sisi pengembangan usaha,  dinas yang terkait dengan pengembangan UMKM diminta untuk terjun langsung. Sedangkan mengenai lokasi usaha, diupayakan kerjasama dan koordinasi dengan Disdikpora.

''Terkait kualitas makanan yang disajikan, mereka juga akan mendapat supervisi dari Dinas Kesehatan,'' paparnya.

Berbagai rangkaian usaha tersebut dimaksudkan agar PKL tidak hanya sekedar berjualan di tepi jalan. Melalui pembinaan yang simultan diharapkan usaha yang dilakukan dapat lebih maju. ''Baik dari sisi kualitas maupun kualitasnya,'' ungkapnya.

Untuk sementara, lokasi memang diarahkan ke sejumlah sekolah. Namun begitu, tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan dilakukan di kawasan lainnya.

''Awalnya, memang muncul keinginan dari pedagang kaki lima yang biasa berjualan di sekitar sekolah. Hal serupa akan dilakukan pedagang di wilayah lainnya,'' tandasnya.

Soal modal usaha, sejak awal pihaknya meyakinkan agar koperasi dapat mengembangkan usaha terlebih dahulu. Bila hal itu sudah dilakukan, dipastikan lembaga keuangan secara otomatis akan tertarik untuk ikut membantu. Pihaknya juga siap memfasilitasi dengan sejumlah lembaga perbankkan.

''Melalui berbagai upaya tersebut, tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi pengusaha suatu ketika,'' imbuhnya.

( Anton WH / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 24187
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 25823
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 25500
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 28831
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 24796
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER