panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
05 November 2012 | 14:45 wib
Antisipasi Rawan Pangan, KKP Karanganyar Bangun Gudang Beras

KARANGANYAR, suaramerdeka.com - Untuk mengantisipasi terjadinya rawan pangan tertier di Karanganyar, Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Karanganyar akan membangun sebuah gudang cadangan pangan. Gudang itu dibangun bulan Nopember ini.

‘’Pembangunan gudang cadangan pangan tersebut diperkirakan akan menghabiskan dana Rp 500 juta lebih. Saat ini sudah masuk tahap lelang,’’ kata Liliyahi, Kepala KKP.

Dana pembangunan gudang tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2012. Semula peruntukannya untuk pembuatan lumbung, namun akhirnya diubah menjadi gudang. Walaupun saat ini sudah memasuki bulan November dan rencana pembangunan gudang masih dalam proses lelang, pihaknya optimis pembangunan gudang cadangan pangan pemerintah tersebut akan selesai tepat waktu.

‘’Pembuatan gudang tidak akan memakan waktu lama, tidak lebih dari 30 hari. Proses lelang telah dipercepat, untuk mengejar target waktu penyelesaian 20 Desember,’’ ujarnya.

Rencananya, gudang cadangan pangan akan dibangun di dekat kelurahan Bejen, kecamatan Karanganyar Kota. Luas bangunannya 18 x 12 meter. Juga akan dilengkapi dengan sarana penjemuran dan juga halaman gudang.

‘’Ini merupakan gudang cadangan pangan pertama milik pemkab. Kapasitas penampungannya sekitar 100-200 ton beras untuk cadangan pangan,” tambahnya.

Dikatakannya, gudang itu berbeda dengan lumbung padi yang sudah ada sebelumnya, yang juga digarap oleh KKP Karanganyar. Pada DAK tahun sebelumnya, instansi itu membuat tujuh lumbung di tujuh desa. Yakni, di desa Ngepungsari (Jatipuro), desa Berjo (Ngargoyoso), desa Anggrasmanis (Jenawi), desa Jati (Jaten), desa Bolong (Karanganyar Kota), desa Lemahbang (Jumapolo), dan desa Banjarharjo (Kebakkramat).

‘’Fungsinya berbeda dibandingkan dengan lumbung desa. Lumbung merupakan antisipasi jika terjadi paceklik di tingkat desa. Adapun gudang untuk cadangan pangan secara menyeluruh. Bangunannya nanti pun juga berbeda,” katanya.

Untuk lumbung desa, KKP akan menginventarisasi kembali. Terutama perkembangan dan kegunaannya. Pihaknya akan memberikan prioritas pembinaan lebih lanjut untuk lumbung desa, yang dapat dikelola dengan baik.

( Joko Dwi Hastanto / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 220205
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 237328
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 238327
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 258046
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 239370
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER