panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
02 November 2012 | 20:50 wib
BOS SLTA Rp 1 Juta Tiap Siswa

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Alokasi anggaran pemerintah untuk bidang pendidikan sebesar Rp 331 triliun memang sudah mencapai 20 % dari total APBN. Akan tetapi anggaran tersebut lebih banyak dipergunakan untuk membayar gaji guru hingga tunjangan sertifikasi.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Drs Utut Adianto mengatakan, baru sekitar Rp 160 triliun yang dipergunakan untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta dana pembangunan pendidikan lainnya. Dana BOS diakui masih kurang, sehingga Fraksi PDI Perjuangan terus memperjuangkan agar dana BOS ditambah jumlahnya.

Pihaknya juga mendesak pemerintah tidak hanya mewajibkan belajar sembilan tahun, namun 12 tahun hingga tingkat SLTA. "Upaya itu berhasil diwujudkan dengan merealisasikan BOS bagi tingkat SLTA di tahun ajaran 2013/2014 mendatang," ujar Utut Adianto saat melakukan kunjungan ke Desa Mirit Petikusan, Kecamatan Mirit, Kebumen, Jumat (2/11).

Mulai tahun ajaran mendatang, ujar Utut, setiap siswa SLTA akan mendapat bantuan dana BOS sebesar Rp 1 juta/siswa. Dengan adanya dana BOS bagi siswa SLTA diharapkan angka putus sekolah di tingkat SLTP bisa dikurangi. "Angka putus sekolah siswa SLTP di Indonesia mencapai 6 juta siswa," imbuh Utut.

Pada kesempatan itu, Utut menyerahkan beasiswa kepada 600 siswa SD yang keluarga tidak mampu. Hadir Ketua DPRD Kebumen Ir Budi Hianto Susanto, Sekretaris DPC PDI P Kebumen Arembono beserta jajaran pengurus dan sejumlah kader PDIP yang duduk sebagai anggota DPRD Kebumen. Antara lain seperti Sarimun, Sudarno, Tatag Sajoko, Yudi Prihartanto. Dari jajaran birokrasi terlihat Camat Mirit Irfani SSos.

Sementara itu, sejumlah warga yang hadir mengadukan masih dijumpainya pungutan-pungutan liar di SD dan SMP yang memberatkan orang tua murid. Padahal sudah ada dana BOS. Warga juga meminta ada pendanaan bagi belajar paket B dan C. Menanggapi hal itu, wakil rakyat yang berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jateng VII (Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga) itu tetap menyayangkan masih adanya pungutan.

Tim Utut Adianto, Umar Siregar mengatakan, kunjungan Utut Adianto di Kebumen meliputi tiga kecamatan. Meliputi Kebumen, Mirit dan Kecamatan Ayah. Selain menyerap aspirasi dari masyarakat Utut Adianto juga mensosialisasikan empat pilar kebangsaan. Sebelumnya, Utut Adianto juga sudah berkunjung ke Purbalingga dan Banjarnegara.

( Supriyanto / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12181
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12895
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12684
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14995
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12262
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER