panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
30 Oktober 2012 | 10:41 wib
Ratusan Pelajar DIY Sampaikan Deklarasi Kecintaan Tanah Air

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Masih dalam memperingati hari Sumpah Pemuda, ratusan pelajar dari perwakilan 10 SMA/SMK DIY menampilkan flashmob dance ''Ini Indonesia''. Hasil kreasi perpaduan tari tradisional dan hiphop tersebut ditampilkan selama 15 menit kawasan titik nol kilometer Yogyakarta, sebagai bentuk ekpresi semangat, kebanggaan dan kecintaan pelajar DIY pada tanah air. 
 
Para pelajar itu kemudian secara serentak membacakan Deklarasi Sekolah Indonesia Sejahtera, yang isinya tentang kecintaan mereka pada tanah air, komitmen menjunjung tinggi nilai budaya, disiplin serta adab dan etika. Selanjutnya, mereka berjanji untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan serta berkomitmen untuk saling menjaga dan tidak saling menjatuhkan.

Secara simbolis, deklarasi tersebut disampaikan kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Dra Kadarisman Baskara Aji MM dan Dekan Fakultas Psikologi UGM Dr Supra Wimbarti MSc.
 
Psikolog sekaligus ketua panitia acara Prof Amitya Kumara MS mengatakan, deklarasi pelajar tersebut didorong atas marak munculnya aksi kekerasan dan tawuran di dalam dan luar lingkungan sekolah. ''Sekitar 40% pelajar menganggap lingkungan keluarga dan sekolah lingkungan yang kurang menyenangkan. Mereka merasa lingkungan di luar sekolah dan keluarga menjadi lebih baik,'' katanya
 
Pernyataan deklarasi antarpelajar dengan berabagai sekolah tersebut sebagai bentuk kampanye anti kekerasan di lingkungan sekolah dan keluarga. Karena itu keterlibatan dan peran aktif Pelajar dalam menciptakan lingkungan sekolah sejahtera. ''Deklarasi semakin meneguhkan semangat keistimewaan DIY melalui keistimewaan pelajarnya,'' ujarnya.

Dekan Psikologi UGM Supra Wimbarti mengatakan, permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat berdampak menurunnya tingkat keharmonisan keluarga, antarwarga di sekolah dan sekolah dengan masyarakat. DIY sebagai kota pendidikan seharusnya tetap dirajut bersama.

DIY sebagai kota pendidikan dan kearifan lokal, para pelajar perlu mencontohkan perilaku berbudaya dan sopan santun tinggi. ''Kita ingin mendorong peningkatan kesehatan mental masyarakat. Ranah sekolah salah satu yang dipilih,'' ujarnya.
 
Febriska Nur Fitriyana pelajar dari SMAN 11 Yogyakarta menuturkan, keikutsertaannya mengikuti deklarasi dan flashmob dance untuk menambah semangat dirinya terus giat belajar. Karena menurutnya, momen hari Sumpah Pemuda, hari dimana para pemuda di tahun 1928 mendeklarasikan semangatnya untuk Indonesia. ''Sebagai palajar kita harus lebih semangat belajarnya,'' tambahnya.

( Bambang Unjianto / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 2759
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 2925
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 2749
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 3714
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 2709
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
05 September 2014 | 23:15 wib
02 September 2014 | 12:53 wib
05 September 2014 | 23:45 wib
05 September 2014 | 23:56 wib
FOOTER