panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
24 Oktober 2012 | 00:05 wib
Pelabuhan Kendal Layak Jadi Pelabuhan Samudera

KENDAL, suaramerdeka.com - Pelabuhan Kendal yang berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu layak menjadi pelabuhan samudera yang bisa untuk melayani ekspor-impor. Dengan luas wilayah sekitar 2.000 hektar lebih, sangat disayangkan bila pelabuhan tersebut hanya untuk pelabuhan penumpang.

Pemerintah daerah pun diminta mengoptimalkan pelabuhan itu dengan sungguh-sungguh agar bisa menjadi pelabuhan samudera. Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, menyampaikan hal tersebut disela-sela mengunjungi Pelabuhan Kendal di Kecamatan Kaliwugu, Selasa (23/10).

Dia didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng Ikhwan Sudrajat mewakili Gubernur Bibit Waluyo, Bupati Widya Kandi Susanti berserta pada muspida serta sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk di didalamnya terlihat Dinas Perhubungan Kendal Subarso.

Wamendag mengatakan, luas kawasan pelabuhan Kendal dan sekitarnya yang mencapai 2.000 hektar lebih cocok untuk dijadikan sebagai pelabuhan samudera yang dapat melayani ekspor-impor dan sangat disayangkan kalau hanya menjadi pelabuhan penumpang.

"Potensi Pelabuhan Kendal sangat besar. Lebih baik menjadi pelabuhan samudera ketimbang hanya pelabuhan penumpang. Kedalaman lautnya agar bisa dibuat menjadi 15 meter seperti Singapura, jangan seperti saat ini yang hanya sekitar empat meter. Pemprov Jateng dan Pemkab Kendal harus bisa menjadikan Kendal sebagai pelabuhan samudera," katanya.

Sementara itu, Bupati Widya Kandi Susanti mengapresiasi harapan Wakil Menteri Perdagangan yang berharap supaya Pelabuhan Kendal bisa menjadi pelabuhan samudera. Menurut Widya Kandi, saat ini memang masih terdapat pembangunan dermaga pelabuhan niaga di kawasan tersebut. Sementera untuk pelabuhan penumpang telah selesai.

"Masukan dari Pak Wakil Menteri sangat bagus. Kami berharap kelak bisa menjadikan Pelabuhan Kendal menjadi pelabuhan samudera sesuai keinginannya," terang Widya Kandi.

( Rosyid Ridho / CN27 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 11335
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 11983
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 11785
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14038
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 11400
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER