panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 September 2012 | 09:08 wib
Puluhan Jamaah Karanganyar Masuk Kategori Risti
image

MASUK KATEGORI: Sunaryo salah satu jamaah haji Karanganyar masuk kategori jamaah haji risiko tinggi lantaran naik kursi roda serta kondisinya lemah. (suaramerdeka.com / Joko Dwi Hastanto)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Puluhan calon jamaah haji dari Karanganyar termasuk kategori jamaah risti (rersiko tinggi). Penyebabnya ada yang karena usia yang sudah tua di atas 60 tahun, menderita penyakit jantung, hipertensi akut, dan juga kencing manis.

Mereka akan mendapatkan perhatian khusus dan diharapkan juga mematuhi semua saran, minum obat yang sudah dibawa sendiri maupun disediakan dokter haji, serta bisa lebih efisien dalam menjalakan kewajiban dan rukun haji. Sunaryo (78) jamaah asal Colomadu termasuk di antara yang berkategori risti.

Dia diamputasi salah satu pergelangan kakinya karena kencing manis. Meski demikian, dia tetap semangat menjalankan ibadah atas undangan Allah itu. "Saya berangkat bersama istri. Ketika mendaftar dulu, sebetulnya kaki saya masih lengkap, Namun karena sesuatu hal, akhirnya satu diamputasi. Saya ikhlas, yang penting saya berdoa semoga ibadah haji di sana nanti lancar," kata dia.

Para jamaah calon haji dilepas Wakil Bupati Paryono dari halaman kantor Sekda. Sebanyak 302 jamaah berangkat dengan kloter 5 bergabung dengan jamaah Solo. Sisanya 195 jamaah diberangkatkan Bupati Rina Iriani dari Masjid Agung Surakarta. Mereka tergabung dalam kloter 6 dan berangkat bersama jamaah asal Wonogiri.

Dari catatan, ada dua jamaah yang harus duduk di kursi roda. Selain Sunaryo, adalah Mursiti yang usianya sudah 89 tahun. Mereka berangkat bersama istri dan anak-anaknya, yang mengantar hingga bus yang membawa jamaah berangkat dari Sekda.

Bupati Rina berharap para jamaah menjaga kesehatan, makan makanan yang apapun tersaji demi kesehatan, dan mematuhi aturan yang ada di Tanah Suci. Apalagi akan berada di negeri orang dalam jangka waktu cukup lama.

"Doakan juga agar Karanganyar bahkan Indonesia selalu dalam kondisi damai, tenteram, dan rakyatnya sejahtera. Satu saja doa jamaah haji secara ihlas, Insyaalah akan terkabul. Apalagi kalau semua jamaah berdoa dengan penuh keikhlasan,’’ katanya.

( Joko Dwi Hastanto / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
19 April 2014 | 03:40 wib
Dibaca: 83
19 April 2014 | 03:25 wib
Dibaca: 161
19 April 2014 | 03:10 wib
Dibaca: 205
19 April 2014 | 02:50 wib
Dibaca: 285
19 April 2014 | 02:35 wib
Dibaca: 277
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
13 April 2014 | 16:56 wib
07 April 2014 | 21:40 wib
12 April 2014 | 17:55 wib
02 April 2014 | 00:53 wib
FOOTER