panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
11 September 2012 | 17:40 wib
Lindungi Klewer, IKAPPI Siap Pasang Badan


SOLO, suaramerdeka.com - Ikatan Pedangan Pasar Indonesia (IKAPPI) siap pasang badan untuk memperjuangan aspirasi ribuan pedagang batik Pasar Klewer agar Pemkot Surakarta membatalkan rencana revitalisasi itu. Menurut Ketua Umum IKAPPI, Abdullah Mansuri, rencana revitalisasi yang terus meruncing menyebabkan pedagang semakin khawatir.

Untuk itu pihaknya bersama tim ahli sengaja datang dari Jakarta ke Kota Solo untuk menyerap aspirasi pedagang di pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah (Jateng) itu. “Kami terus mengamati. Ada pro dan kontra wajar. Namun kami menyesalkan mengapa pedagang tidak diajak bicara atau diskusi secara intensif. Apalagi belum-belum ada rencana iuran Rp 6 ribu selama 20 tahun,” akunya di Klewer, Selasa (11/9).

Dikatakan Mansuri, Pemkot Surakarta harus mengkaji ulang terhadap rencana yang pernah ada tahun-tahun sebelumnya. Di samping karena pedagang tidak diajak bicara, juga melihat bangunan di Klewer masih kokoh sehingga pembangunan fisik belum perlu dilakukan.

Mengingat revitalisasi adalah bukan jalan satu-satunya untuk mengatasi permasalahan di dalam pasar. “Kami minta Pemkot hati-hati dalam menentukan kebijakan atau rencana yang kaitannya dengan hajat hidup orang banyak. Makanya itu IKAPPI turun gunung untuk membantu advokasi,” jelas dia dengan tegas.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya mengaku siap pasang badan untuk ribuan pedagang Pasar Klewer. Bagi dia, sebenarnya revitalisasi tidak masalah dilakukan. Asalkan kajian dilakukan secara rinci dan bertahap, sudah ada kesepakatan atau komunikasi dengan pedagang dan terbuka.

“Kami siap berhadap-hadapan dengan Pemkot. Kami akan desak Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk menghentikan rencana revitalisasi. Berilah pedagang menyampaikan pendapatnya,” tuturnya.

Dia menambahkan, masalah lain terkait adanya teror paket bom molotov yang pernah dikirimkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab di salah satu kios belum lama ini, membuat prihatin IKAPPI. Untuk itu pihaknya meminta pedagang solid menghadapi isu revitalisasi yang kian meruncing.

( Asep Abdullah / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12901
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 13645
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 13420
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 15789
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12987
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER