panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
06 September 2012 | 15:48 wib
Bulog Solo Siapkan Dua Gudang Gula Pasir

SOLO, suaramerdeka.com - Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre III Surakarta menyiapkan dua gudang yang untuk menyimpan gula pasir. Hal ini dilakukan sebagai salah satu wujud revitalisasi Bulog tidak hanya menjadi badan penyangga beras, melainkan juga gula pasir dan kedelai.

Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Subdivre III Surakarta, Edhy Rizwan menguraikan, program revitalisasi memang gencar dilakukan setelah gonjang-ganjing naiknya harga kedelai beberapa waktu lalu. Namun di wilayah kerjanya, Solo dan sekitarnya baru diminta bersiap untuk menjadi badan penyangga beras.

"Kami telah menyiapkan dua gudang yang nantinya akan dipakai untuk penyimpanan gula pasir terkait dengan program tersebut. Masing-masing gudang memiliki kapasitas 3.500 ton. Dengan demikian, kapasitas total mencapai 7.000 ton," terang dia, Kamis (6/8).

Dua gudang ini bukan merupakan bangunan baru. Melainkan merupakan gudang lama yang akan dialihfungsikan. Karena itu, nantinya sebelum difungsikan gudang-gudang tersebut akan disesuaikan dengan karakteristik gula pasir yang berbeda dengan beras. Misalnya penyesuaian dari segi ventilasi, atau temperatur.

"Dalam satu kompleks gudang, biasanya terdiri atas sejumlah gudang. Kami akan alih fungsikan satu gudang di dua kompleks untuk ruang penyimpanan gula pasir. Namun sampai sekarang belum diputuskan mana gudang yang akan dipakai," tuturnya.

Kendati demikian, pihaknya telah memiliki gambaran dua gudang yang memiliki kondisi mendekati ideal. Yakni gudang di Karangwuni Klaten, dan di Duyungan Sragen. Kedua gudang ini pernah dipakai untuk menyimpan gula beberapa tahun silam.

Tidak hanya itu, lokasinya sangat memungkinkan untuk menekan biaya distribusi. Sebab, pihaknya nanti harus memastikan komoditas ini bisa didistribusikan di tujuh kabupaten/kota. "Jadi, tidak ada daerah yang terlalu jauh dari gudang ini," imbuhnya.

( Astuti Paramita / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 25964
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 27640
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 27352
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 30827
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 26587
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER