panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
01 September 2012 | 08:15 wib
Konflik Sara Bisa Jadi Pemicu Disintegrasi Bangsa

KUDUS, suaramerdeka.com – Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) sangat prihatin dengan konflik yang terjadi di Sampang, baru-baru ini. PPI pun menilai kasus Sampang bukan konflik suku, agama, ras dan antar golongan (Sara) yang pertama yang terjadi di negara ini.

‘’Kekerasan seperti ini sering terjadi di Indonesia. Tawuran antar sekolah, antar geng, dan antar kampung juga sering terjadi. Pemerintah semestinya melakukan kajian serius serta mencari solusi yang tepat terhadap semua konflik yang muncul,’’ tegas koordinator PPI se dunia, Zulham Effendi, Sabtu (1/9).

Berdasarkan kajian PPI, banyak faktor yang menimbulkan terjadinya konflik, yakni terjadinya perubahan kondisi sosial politik dan ekonomi, benturan antarperadaban yang terjadi, kebijakan pemerintah pusat dan daerah yang kurang tepat, dan kurang berhasilnya pemberdayaan masyarakat dan kemiskinan yang masih tinggi.

‘’Selain itu, juga dikarenakan lemahnya penegakan hukum, adanya kelompok masyarakat yang sulit menerima perbedaan dengan sejumlah alasan, dan pembiaran negara terhadap kekerasan yang terjadi,’’ ujarnya menambahkan melaui siaran pers-nya.

‘’Pemerintah Indonesia harus belajar dari konflik yang pernah terjadi sebelumnya dan konflik lain yang terjadi di dunia. Kalau Konflik-konflik yang terjadi dibiarkan dan terus-menerus terjadi tanpa ada upaya penyelesaian, maka akan menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi bangsa dan juga dapat menyebabkan disintegrasi bangsa,’’ tandas Zulham yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Nasional Malaysia (UNM).

( Rosidi / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 5742
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 6403
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 6191
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 7723
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 5955
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER