panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 Agustus 2012 | 22:42 wib
Pemerintah Diminta Serius Atasi Anarkisme

JAKARTA, suaramerdeka.com - Masyarakat dinilai makin permisif terhadap kekerasan yang berdampak pada penghilangan nyawa. Selain itu, masyarakat juga makin gampang tersulut gosip.

"Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengecam aksi masa yang menyerang Tarekat At Tijaniyah Mutlak di Kampung Cisalopa Desa Bojong Tipar Jampang Tengah Sukabumi, yang berlangsung pada hari Lebaran. Aksi kekerasan itu menewaskan empat orang korban," kata anggota Komisi III DPR Eva Kusuma Sundari dalam siaran persnya, Selasa (21/8).

Untuk itu, PDIP meminta pemerintah serius mengatasi aksi anarkisme yang makin marak tersebut. PDIP juga sangat prihatin dengan berulangnya aksi kekerasan di Indonesia.

"Mabes Polri sepatutnya memprioritaskan Jawa Barat sebagai provinsi yang frekuensi kekerasan anarkis berlatar belakang agama paling tinggi di Indonesia. Selain itu, sudah seharusnya polisi setempat bisa mengantisipasi kehadiran provokator di tengah masyarakat," ujarnya.

Terlebih bila konsep Polsek Kuat Polri-termasuk keberadaan Babinkamtibmas/desa dijalankan secara konsisten. Menurutnya, keberadaan aliran di luar arus utama, sepatutnya menjadi perhatian pembinaan organisasi massa besar seperti NU dan Muhammadiyah.

"Hal itu agar terbina komunikasi dan dapat menghindarkan keberadaan mereka sebagai sasaran kelompok garis keras. Seringkali, kelompok garis keras hanya melihat persoalan dengan kaca mata kuda," sesalnya.

Menurut dia, sering terjadinya kekerasan berlatar agama menjadi sinyal adanya hubungan yang berjarak antara pimpinan agama dengan umat. Sehingga, rentan disabot oleh kelompok-kelompok anarkis.

"Selain meminta penegakan hukum atas insiden terhadap Tarekat At Tijaniyah Mutlak, PDIP menuntut Menkopolhukam menyikapi dengan serius. Antara lain dengan membuat kebijakan dan tindakan khusus atas keberadaan ormas-ormas yang sering bertindak sebagai provokator aksi anarkisme," tukasnya.

PDIP juga berharap, tren atau kecenderungan tindakan anarkisme berlatar belakang agama segera dihentikan. Sehingga, tidak menodai upaya membangun Indonesia yang demokratis dan sejalan dengan nilai-nilai Islam yang moderat.

( Saktia Andri Susilo / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 11664
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 12338
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 12136
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 14410
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 11739
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER