panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
14 Agustus 2012 | 23:15 wib
Ketua OJK: Indonesia Perlu Bangun Ekonomi Inklusif


JAKARTA, suaramerdeka.com -
Ketua Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad mendorong agar Indonesia mulai membangun ekonomi inklusif yang melibatkan setiap masyarakat sebagai subjek.

"Ini adalah model ekonomi kekeluargaan yang tidak membiarkan satu orangpun anggotanya tertinggal," katanya dalam diskusi bertema "110 Tahun Bung Hatta, Refleksi Pemikiran Ekonomi, Pasar, dan Keadilan" di Jakarta, Selasa (14/8).

Muliaman hadir sebagai pembicara dalam diskusi untuk memperingati pemikiran mantan Wakil Presiden pertama Indonesia Mohammad Hatta.

Acara tersebut juga dihadiri sejumlah tokoh antara lain Mutia Hatta, mantan Menteri Koordinator Ekonomi Rizal Ramli, pengamat energi Kurtubi, ekonom Sri Edi Swasono, pengajar filsafat Herry Priyono.

Pemikiran Hatta, menurut Muliaman, juga sangat menekankan pembangunan yang inklusif. "Namun justru kenyataan yang dihadapi Indonesia saat ini justru bertolak belakang dengan cita-cita Hatta tersebut," katanya.

Dia mencontohkan separuh lebih masyarakat Indonesia tidak mempunyai akses ke lembaga keuangan formal. Sementara dari kelompok miskin, 70-80 persen juga mengalami hal yang sama.

"Ini adalah bentuk eksklusifitas ekonomi kita, pembangunan yang inklusif akan membuka semua akses keuangan untuk semua orang karena ada korelasi positif antara akses terhadap lembaga keuangan dengan kesejahteraan," katanya.

Di sisi lain, dia juga mendukung pemikiran Hatta yang menempatkan negara sebagai aktor yang kuat dalam pembangunan. "Sebelum krisis Yunani, kita tidak pernah berpikir bahwa negara bisa gagal karena salah urus," katanya.

( Ant / CN33 )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 24149
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 25788
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 25465
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 28793
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 24763
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER