panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
12 Agustus 2012 | 11:08 wib
STAIN Kudus Jamin Tak Ada Perpeloncoan Mahasiswa Baru

KUDUS, suaramerdeka.com - Sebanyak 1.262 mahasiswa baru STAIN Kudus mengikuti orientasi studi dan pengenalan kampus (Ospek) yang berlangsung 12-15 Agustus. Pihak kampus menegaskan, tidak akan ada perpeloncoan kepada peserta ospek.

"Sejak dulu kami sudah memiliki panduan, tidak ada perpeloncoan atau gojlokan fisik  kepada mahasiswa baru yang mengikuti ospek. Materi ospek lebih ditekankan pada pembekalan akademik," ujar Pembantu Ketua I STAIN Kudus Dr M Saekhan Muchit MPd usai memimpin upacara pembukaan ospek, Minggu (12/8) pagi.

Berbagai materi yang diberikan dalam ospek, antara lain tentang Islam Indonesia,  pengenalan akademik dan jurusan, pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa, serta gerakan  mahasiswa dan tanggung jawab sosialnya. "Pemateri dalam ospek 90 persen di-handle dosen sendiri," ujarnya.

Dalam upacara pembukaan yang dihadiri jajaran pimpinan STAIN, Saekhan menjelaskan, di materi-materi tertentu diselipkan juga empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1954, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. "Di materi-materi tertentu, kami memasukkan materi empat pilar kebangsaan untuk penguatan ideologi dan nasionalisme mahasiswa," katanya.

Ketua panitia Ahmad Alimul Khasan mengatakan, ospek kali ini mengangkat tema 'Reposisi Gerakan Mahasiswa dalam Menguatkan Kultur Berorganisasi di Kampus', dengan harapan, ke depan mahasiswa bisa berperan dalam aktivitas sosial.

"Selain untuk memberikan pemahaman wacana kebangsaan, pendidikan, serta gerakan mahasiswa yang membebaskan dan mencerdaskan, tujuan lain yaitu memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru, bahwa gerakan mahasiswa harus mengedepankan kepentingan rakyat," ungkapnya.

Presiden BEM STAIN Kudus, Ahmad Shiddiq, dalam sambutannya mengemukakan, dalam beberapa tahun terakhir mahasiswa cenderung terhegemoni dengan hedonisme dan kurang tertarik dengan kegiatan sosial dan gerakan mahasiswa.

( Rosidi / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 35579
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36795
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 37219
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 41345
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 36399
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER