panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
08 Agustus 2012 | 21:30 wib
Narapidana LP Wanita Semarang Borong Remisi

SEMARANG, suaramerdeka.com - Narapidana dan tahanan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Wanita Kelas IIA Semarang bakal memborong remisi pada HUT ke-67 Kemerdekaan RI dan hari raya Idul Fitri 1433 Hijriah. Mereka yang memborong remisi itu merupakan narapidana beragama Islam dengan persyaratan tertentu seperti halnya berkelakuan baik. Jika persyaratan terpenuhi, warga binaan dapat menerima setiap remisi bervariasi yaitu mulai 15 hari sampai enam bulan.

"Dalam waktu dekat ini, narapidana dan tahanan LP Wanita Semarang akan memborong remisi. Ini tentunya sangat bergantung kepada persyaratannya, mereka yang menerima remisi juga harus sudah berada dalam tahanan selama kurun waktu tertentu sesuai ketentuan berlaku," kata Kepala Seksi Pembinaan dan Pendidikan LP Wanita Kelas IIA Semarang, Susana.

Diakuinya, memang tak menutup kemungkinan ada warga binaan LP Wanita yang menerima remisi dobel meski momentumnya berdekatan.

Hingga hari Sabtu (4/8), terdapat 240 warga binaan yang menghuni lembaga pemasyarakatan di Jl MGR Soegiyopranoto, Semarang tersebut. Dari jumlah itu, 36 di antaranya berstatus tahanan, sisanya narapidana. Adapun, kasus tindak pidana para warga binaan ini bervariasi mulai pencurian, narkoba, penggelapan, dan pembunuhan. "Ada juga warga binaan yang
mendapatkan vonis hukuman seumur hidup. Saat ini, baru mengajukan grasi ke Presiden," tandasnya.

Menurut dia, pemberian remisi ini merupakan hal yang paling dinanti oleh narapidana dan tahanan. Selain itu juga
pemberian Pembebasan Bersyarat (PB), Cuti Menjelang Bebas (CMB), dan Cuti Bersyarat (CB). Mereka menantikan hal itu tentu karena suntuk berada di dalam LP Wanita. Boleh dikatakan, warga binaan ini seringkali menghitung hari dalam menjalani kehidupannya di dalam tanahan.

Guna melepaskan kesuntukannya, Susana menjelaskan, warga binaan ini diberikan kegiatan selama enam hari penuh. Kegiatan itu dari mulai bersih-bersih ruang tahanan, makan, merawat bunga hingga menghasilkan karya seperti jahit-menjahit dan membuat kue. Di luar itu, mereka pun diberikan bimbingan keagamaan sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

( Royce Wijaya / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 34896
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 36137
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 36475
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 40573
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 35627
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER