panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Agustus 2012 | 23:38 wib
Dharma Lautan Terapkan Tiket Progresif

SEMARANG, suaramerdeka.com - Perusahaan operator kapal penumpang PT Dharma Lautan Utama (DLU) menerapkan tarif tiket progresif dalam musim mudik dan balik Lebaran tahun ini. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang terkonsentrasi pada hari-hari tertentu.

"Kami menerapkan harga tarif progresif agar jumlah penumpang merata, nyaman dan aman. Jangan sampai saat-saat mendekati hari raya, penumpang malah menumpuk," kata Manajer Usaha PT DLU pusat Gede Mahartha R ST kepada wartawan usai buka bersama dengan agen dan perusahaan ekspedisi di Hotel Ghra Santika Semarang, Selasa (7/8).

Tarif progresif itu, ungkap dia, secara umum diberlakukan saat H-15 sampai H+15. Adapun besaran harga tiket, pihaknya memberikan kenaikan 20 sampai 30 persen pada hari-hari tertentu. Dengan begitu, diharapkan calon penumpang bisa memilih hari keberangkatan secara lebih tepat.

"Hal ini sudah kami sosialisasikan kepada agen, terutama agen di dari daerah asal. Animo masyarakat yang memanfaatkan program itu cukup bagus," katanya.

Manajer PT DLU Cabang Semarang Herman Fajar menambahkan, khusus untuk agen di pulau Jawa, pihaknya akan memberlakukan tarif progresif saat arus balik nanti. Penjelasannya, hari H Lebaran sampai H+6 diberlakukan tarif normal. Adapun H+7 sampai H+15 tarif dinaikkan 20 sampai 30 persen dan di atas H+15, tarif kembali normal.

Khusus angkutan barang, pihaknya akan mengurangi sampai 60 persen. Sisanya, 40 persen, disediakan untuk kendaraan roda dua dan mobil pribadi. Hal itu diberlakukan untuk semua kapalnya, baik yang berkapasitas 500 dan 1.000 penumpang.

Untuk mengantisipasi maraknya percaloan tiket, dia akan membukan loket pembelian tiket mepet, yakni H-7. Penjualan dilakukan secara online disesuaikan KTP calon penumpang. Selain itu, pihaknya akan menambah trip atau frekuensi trayek dari seminggu sekali menjadi dua kali. "Teruama tujuan Semarang-Sampit dan Semarang-Ketapang," katanya.

( Karyadi / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
image
29 Juli 2014 | 15:43 wib
Dibaca: 11
image
29 Juli 2014 | 15:27 wib
Dibaca: 29
29 Juli 2014 | 14:57 wib
Dibaca: 97
29 Juli 2014 | 14:41 wib
Dibaca: 176
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER