panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
06 Agustus 2012 | 21:12 wib
Udinus Unggah E-Gamelan Keraton di App-Store


SEMARANG, suaramerdeka.com -
Gamelan virtual (E-Gamelan) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang kini dapat ditabuh, didengarkan, dan dipelajari melalui komputer, laptop, PC tablet, ataupun handphone di seluruh dunia. Hal ini karena aplikasi gamelan tersebut berhasil di unggah ke dalam App-Store.

Sebelumnya, gamelan pusaka asli Puro Pakualaman Yogyakarta, Kyai Talogo Muncar berhasil di ubah ke dalam bentuk virtual. Adapun, cara mengunggah dilakukan dengan dua cara, yakni diupload peracikan gamelan, seperti gong, kempul, kenong, kethuk, slenthem, demung, saron, peking dan kendhang. Sedangkan cara lain, diunggah secara lengkap, sehingga dapat dimainkan seperti orkestra.

Tim gamelan virtual Udinus yang berjumlah 47 orang terdiri, dosen dan mahasiswa tersebut saat ini juga tengah mempersiapkan program virtual dalam berbagai varian operating system. Seperti halnya, IOS, Windows Mobile, Symbian, Android dan RIM BackBerry. Dengan cara itu, gamelan virtual ini akan semakin mudah untuk di akses lewat alat apapun.

Rektor Udinus Dr Ir Edi Noersasongko ST MT mengatakan, selain bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan di lingkungan kampus, cara seperti ini dapat digunakan sebagai dasar pelaksanaan IT Preneurship.

"Adapun, hasil yang akan diperoleh dari App-Store ini akan dibagi yaitu, antara pihak Udinus dan keraton itu sendiri. Bagi pihak keraton, tentunya ini bisa digunakan untuk membantu merawat gamelan, sedangkan bagi Udinus untuk pelaksanaan IT-Preneurship," jelasnya.

( Anggun Puspita / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
31 Juli 2014 | 02:11 wib
Dibaca: 10
31 Juli 2014 | 01:55 wib
Dibaca: 106
31 Juli 2014 | 01:40 wib
Dibaca: 110
31 Juli 2014 | 01:25 wib
Dibaca: 152
31 Juli 2014 | 01:11 wib
Dibaca: 156
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER