panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 Agustus 2012 | 17:33 wib
Produk Makanan Khas Optimalkan Produksi
image

BUAT JENANG: Seorang buruh pada industri rumahan di Kelurahan Mersi, Purwokerto Timur tengah membuat jenang ketan untuk memenuhi permintaan konsumen. (suaramerdeka.com/ Puji Purwanto)

PURWOKERTO, suaramerdeka.com - Sejumlah produk makanan khas di Kota Purwokerto mulai kebanjiran pesanan. Bahkan, jumlah pemesan makanan makin meningkat saat mendekati Lebaran, hingga mencapai 300 persen.

Produsen jenang jaket Kelurahan Mersi, Purwokerto Timur, Ny Salimin mengaku konsumen dari wilayah Eks Karesidenan Banyumas dan Jakarta sudah mulai memesan jenang ketan sejak sebulan lalu.

"Konsumen sudah minta dikirim jenang pada H-7 Lebaran," katanya saat ditemui di industri rumahan jenang ketan, Jumat (3/8).

Dia menambahkan, produksi jenang ketan untuk memenuhi permintaan konsumen akan dimulai H-7 hingga H+7. "Kami akan mengoptimalkan saat mendekati Lebaran. Jadi makanan ini untuk oleh-oleh Lebaran," ujar dia.

Meningkatnya order jenang jaket, tentu mengerek omzet penjualan. Pada hari biasa, Ny Salimin hanya memproduksi jenang ketan sekitar 3 kuintal. Namun, pada momen Lebaran produksi naik hingga mencapai 1 ton.

"Kami juga sudah menyiapkan tenaga tambahan untuk membantu proses produksi," katanya.

Dikatakan dia, meski permintaan menjelang Lebarang meningkat namun produsen jenang ketan tidak menaikkan harga jual. Harga jenang ketan polos per bungkus isi 16 biji Rp 9 ribu, sedangkan jenang ketan wijen Rp 10 ribu per bungkus.

Bagian Administrasi Toko Oleh-oleh Sawangan 1, Iding (37), juga mengemukakan, harga jual masih sama seperti biasanya. Produsen sengaja tidak menaikkan harga lantaran takut ditinggal pembeli.

( Puji Purwanto / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
25 April 2014 | 02:02 wib
Dibaca: 155
25 April 2014 | 01:48 wib
Dibaca: 254
25 April 2014 | 01:34 wib
Dibaca: 257
25 April 2014 | 01:19 wib
Dibaca: 271
25 April 2014 | 01:05 wib
Dibaca: 231
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER