panel header


KEGEDHEN EMPYAK KURANG CAGAK
Banyak Pengeluaran, Kurang Penghasilan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
03 Agustus 2012 | 15:32 wib
Waspadai Peredaran Uang Palsu


SEMARANG, suaramerdeka.com -
Masyarakat Kota Semarang, diharapkan lebih waspada atas maraknya peredaran uang palsu (upal) jelang Lebaran 2012. Hal tersebut disampaikan Plt Wali Kota, Hendrar Prihadi, Jumat (3/8).

Menurutnya, dalam hukum ekonomi, jika ada kebutuhan yang lebih tinggi dari produksi; maka akan berpotensi munculnya barang-barang palsu.

"Pada beberapa kasus, oknum yan memalsukan uang memanfaatkan momentum, khususnya Lebaran. Karena di momen ini banyak warga yang membutuhkan uang recehan untuk dibagikan ke saudara atau anak-anak yatim," katanya.

Menurutnya, dimungkinkan akan ada banyak uang palsu yang beredar di wilayah Semarang.

"Kami mengimbau kepada warga untuk tidak melakukan transaksi tukar menukar uang di jalanan. Karena dari setumpuk uang itu, tak menutup kemungkinan terselip uang palsu. Jika pun akan melakukan penukaran, dapat dilaksanakan di bank," tandasnya.

Sementara, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Elan Subilan melalui Kasubag Humas Polrestabes Semarang Willer Napitupulu mengimbau masyarakat berhati-hati dengan berbagai modus penipuan peredaran uang palsu. "Momen Lebaran akan dimanfaatkan oleh pelaku peredaran uang palsu untuk mengecoh calon korbannya," ungkapnya. 

Modus yang digunakan para pengedar uang palsu, biasanya dengan membeli barang yang bernilai rendah ke warung. Pembelian itu tentunya menggunakan uang palsu Rp 20 ribu, Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu. Uang asli yang didapat dari kembalian, akan dikumpulkan dan dibagi oleh sindikat.

Bagi warga Kota Semarang yeng mengetahui peredaran maupun menjadi korban penipuan uang palsu, diharapkan tidak takut melaporkan ke polisi.

( Lanang Wibisono / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
01 Agustus 2014 | 22:59 wib
Dibaca: 78
01 Agustus 2014 | 22:46 wib
Dibaca: 85
01 Agustus 2014 | 22:33 wib
Dibaca: 75
01 Agustus 2014 | 22:20 wib
Dibaca: 72
01 Agustus 2014 | 22:07 wib
Dibaca: 488
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER