panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
31 Juli 2012 | 15:30 wib
Mahasiswa D3 Teknik Undip Juara LKTIM Lewat
Teliti Kulit Manggis, Mahasiswa D3 Teknik Undip Juara LKTIM


SEMARANG, suaramerdeka.com -
Limbah kulit manggis berpotensi untuk diolah kembali menjadi pewarna alami batik. Gagasan tersebut berhasil mengantarkan mahasiswa D3 Teknik Kimia Undip, Aji Bayu Kurniawan dan Yoga Asmara menyabet juara I Lomba Karya Tulis Inovatif Mahasiswa (LKTIM) tingkat Jateng.

"Meski batik tengah digandrungi segala lapis umur, tapi kecenderungan penggunaan pewarna sintetik kian tak terkendali. Padahal logam berat yang terkandung dalam pewarna sintetik ini tidak dapat terurai di lingkungan," ujar Aji, Selasa (31/7).

Tidak dimungkiri, lanjutnya, penggunaan pewarna sintetik lebih pada alasan kepraktisan dan warna yang dihasilkan lebih cerah. Namun seringkali perajin tidak menyadari dampak lingkungan yang  diakibatkan dari pewarna sintetik tersebut.

Karya Aji dan Yoga ini unggul untuk kategori Bidang Pertanian, dari lomba yang diselenggaran Dinas Pendidikan Jateng. Dari karya mereka diketahui bahwa manggis mengandung antosianin yang mampu menghasilkan warna alami. Hanya saja, zat pewarna alami tersebut mudah terdegradasi suhu dan pH.

"Untuk melindungi agar antosianin tidak mudah tereduksi, kami menggunakan teknologi mikroenkapsulasi," terangnya.

Pengolahan kulit manggis cukup sederhana, yakni dengan digiling menjadi tepung. Zat antosianin yang terkandung dalam tepung kulit manggis ini diekstraksi dengan air, selanjutnya  ditambahkan campuran maltodekstrin (pati)  dan dikeringkan  menjadi serbuk pewarna.

( Hartatik / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
21 April 2014 | 03:44 wib
Dibaca: 78
21 April 2014 | 03:29 wib
Dibaca: 363
21 April 2014 | 03:14 wib
Dibaca: 352
21 April 2014 | 03:01 wib
Dibaca: 306
21 April 2014 | 02:47 wib
Dibaca: 264
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER