panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
30 Juli 2012 | 09:33 wib
Kadar Zakat Fitrah Ditetapkan 3 Kg

BANYUMAS, suaramerdeka.com - Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Banyumas mengeluarkan maklumat tentang ketentuan zakat fitrah 1433 H. Dalam maklumat tersebut, kadar zakat fitrah berupa beras ditetapkan sebanyak 3 kilogram.

Ketua I Bazda Banyumas, H Umar AR, mengatakan penetapan kadar zakat fitrah ini merujuk dari hasil rapat bersama antara Bazda, MUI dan perwakilan ormas Islam, serta petunjuk dari dewan pertimbangan Bazda tentang zakat fitrah.

"Ukuran zakat fitrah adalah 1 sha' (takaran). Adapun berat jenis beras dalam takaran 1 sha' di Banyumas sangat bervariasi, baik beras yang jenisnya sama maupun yang berbeda dan berkisar antara 2,67 kg-3 kg," ungkapnya Senin (30/7).

Dalam rangka menghilangkan keraguan menuju yang lebih meyakinkan, maka kadar zakat fitrah dalam satuan berat ditetapkan 3 kg dengan berpedoman pada prinsip kehati-hatian. Bagi yang mengeluarkan kurang dari 3 kg sesuai dengan hasil ijtihadnya untuk memahami berat jenis beras dalam takaran 1 sha', maka zakat fitrah itu tetap dinilai memenuhi ukuran kewajiban.

Selain itu, lanjut dia, bila zakat fitrah dibayarkan dalam bentuk uang, maka nilai nominalnya sebesar Rp 22.500. Jumlah itu berdasarkan hasil survei harga beras yang banyak dikonsumsi masyarakat (jenis IR-64) pada Juli ini, yakni sebesar Rp 7.500/kg.

( Budi Setyawan / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
21 April 2014 | 19:27 wib
Dibaca: 77
21 April 2014 | 19:17 wib
Dibaca: 177
image
21 April 2014 | 19:07 wib
Dibaca: 275
21 April 2014 | 18:52 wib
Dibaca: 294
image
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER