panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Juli 2012 | 21:43 wib
Pinjaman untuk IMF Bentuk Perhatian Indonesia

 

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan rencana Indonesia memberikan pinjaman kepada Dana Moneter Internasional (IMF) merupakan bentuk perhatian kepada perekonomian dunia. Apalagi, sebagai anggota negara G-20 Indonesia harus ambil andil memperhatikan perkembangan ekonomi dunia yang saat ini diwarnai krisis di Eropa.

"Sebagai negara yang punya kemampuan dan anggota di G-20 kita juga patut memberikan perhatian kepada perekonomian dunia yang lagi mengalami persoalan sekarang ini. Kalau kami membiarkan nanti kami dibiarin orang juga," ujar Hatta di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Senin (9/7).

Menurutnya, perekonomian global mengalami saat sulit terutama di wilayah Eropa. Jika situasi ekonomi dunia semakin memburuk dampaknya akan terasa di volume perdagangan dunia. Dengan permintaan yang turun, volume perdagangan akan mengecil.

Bahkan, tambah Hatta, konsumsi masyarakat bisa lebih menurun lagi bila program penghematan anggaran dijalankan di zona euro. "Daya beli masyarakat drop. Yang terkena China, India, pada akhirnya Indonesia," cetusnya.

Karena itulah, dia menambahkan, IMF membutuhkan dana sekitar 430 miliar dollar AS. Hatta menyatakan semua negara sudah turut memberikan sumbangan, karenanya sebagai bagian dari G-20 Indonesia juga harus mampu memberikan andil. Dia menilai Indonesia mampu memberikan peran tersebut.

Menurut Hatta, Pemerintah Indonesia pun mungkin bisa memberikan persyaratan terhadap penyaluran dana pinjaman tersebut. Sama halnya ketika Indonesia diberi pinjaman oleh IMF. "Tapi kalau dulu ada conditionality Indonesia pinjam, you nggak boleh ini itu. Tapi kalau kami pinjamkan ini, jangan dihabiskann untuk Eropa, bantu juga rakyat-rakyat di Afrika," ungkapnya.

Namun demikian, Hatta enggan mengungkapkan berapa besaran pinjaman yang dapat diberikan pemerintah Indonesia untuk IMF. Sebelumnya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, Indonesia akan memberikan pinjaman kepada IMF maksimal sebesar 1 miliar dollar AS.

Agus menjelaskan, saat ini sudah terkumpul dana sebesar 430 miliar dollar AS di IMF. Dana tersebut dibutuhkan IMF bukan hanya untuk menyehatkan ekonomi Eropa, tetapi termasuk juga negara-negara berkembang.

( Kartika Runiasari / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 24976
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 26613
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 26300
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 29705
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 25568
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER