panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
09 Juli 2012 | 19:45 wib
Penentuan Ramadan Beda, Ketua PBNU Tak Gusar

 

JOMBANG, suaramerdeka.com - Kemungkinan perbedaan awal Ramadan tahun ini tak membuat gusar Ketua Umum PBNU, Dr KH Said Aqiel Siradj. Dia mengatakan, pihaknya tak mempermasalahkan terjadi perbedaan dalam menentukan awal Ramadhan 1433 Hijriah tahun ini.

Bagi NU, kata Kiai Said, perbedaan pandangan penentuan awal Ramadan dan Lebaran itu hal biasa. Yang pasti, dalam menentukan awal bulan Ramadan dan Lebaran NU berpatokan kepada rukyat yang dilakukan di sejumlah titik di Tanah Air dan melibatkan orang yang ahli. Bukan sekadar metode hisab.

"Itu sesuai dengan sabda Nabi (Muhammad SAW)," kata Kiai Said saat menghadiri kongres BEM perguruan tinggi NU di Aula Unipdu Jombang, Senin (9/7).

Kiai Said mengutarakan, untuk menentukan awal Ramadhan tahun ini NU masih menunggu hasil rukyat. "Kami belum bisa memastikan sekarang," tambahnya.

Penegasan Kiai Said itu sejalan dengan kebiasaan dan keputusan yang diterapkan NU selama ini bahwa penentuan awal Ramadhan didasarkan pada hasil rukyat yang dilakukan di sejumlah titik di Tanah Air.

Penggunaan metode rukyat dalam menentukan awal Ramadan itu bukan berarti ulama dan ahli falakiah di NU tak paham dengan metode hisab dalam menentukan awal bulan puasa. Tapi, katanya, sesuai sabda Nabi Muhammad SAW bahwa awal puasa dan juga Lebaran itu baru bisa dilaksanakan jika sudah melihat bulan.

"Ketua Lajnah Falakiah PBNU KH Ghozali Masrurie bukan tidak bisa hisab. Beliau sudah bisa menghitung awal puasa seribu tahun yang akan datang," tegasnya.

Namun demikian, menurutnya, sejalan dengan sabda yang disampaikan Nabi Muhammad SAW bahwa untuk menentukan awal puasa itu harus melihat bulan, bukan hitungan. "Itu patokannya," tegas Kiai Said.

( Ainur Rohim / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
19 April 2014 | 06:00 wib
Dibaca: 206
19 April 2014 | 05:50 wib
Dibaca: 154
19 April 2014 | 05:40 wib
Dibaca: 231
19 April 2014 | 05:30 wib
Dibaca: 317
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
13 April 2014 | 16:56 wib
07 April 2014 | 21:40 wib
12 April 2014 | 17:55 wib
02 April 2014 | 00:53 wib
FOOTER