panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
06 Juli 2012 | 16:47 wib
Mangrove Potensi Besar Cadangan Pangan

 

REMBANG, suaramerdeka.com – Tanaman mangrove tak hanya penting untuk konservasi wilayah pesisir pantai dari gerusan abrasi. Berbagai jenis mangrove berpotensi besar menjadi tanaman cadangan pangan di masa mendatang. Potensi mangrove sebagai tanaman pangan ini mengemuka pada pelatihan pengelolaan ekosistem mangrove di Balai Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Rembang, Jumat (5/7).

“Beberapa jenis mangrove bisa diolah menjadi tepung, sirup, sabun hingga pengganti beras dengan nilai gizi yang cukup tinggi,” jelas Made Suwartana, ketua panitia kegiatan dari Balai Pengelolaan Hutan Mangrove Wilayah I Denpasar, Bali, Jumat (6/7).

Pelatihan itu diikuti perwakilan warga di empat desa pesisir kaliori yakni Desa Tunggulsari, Dresi Kulon, Purworejo dan Tasikharjo. Suwartana menyebutkan, sejumlah jenis mangrove seperti bakau jenis avicenia yang banyak tumbuh di wilayah Rembang, bijinya bisa diolah menjadi tepung pengganti tepung beras.

Bakau jenis bruguiera juga bisa dimanfaatkan untuk sayuran, obat dan sumber tanin (bahan baku pewarna kain). “Bakau jenis soneratea caseolaris juga bisa dimanfaatkan untuk sabun, syrup hingga permen,” katanya.

Pada pelatihan itu warga dilatih membuat persemaian berbagai jenis mangrove dan pemanfaatannya sebagai bahan pangan. Suwartana mengatakan, pelatihan ini penting untuk mengubah cara pandang warga terhadap hutan bakau.

“Jika mendengar hutan, pasti langsung terpikir kayu. Kami tidak ingin hutan bakau nanti habis karena kayunya diambili. Karena itu kami mengajak warga untuk memanfaatkan buah dan biji bakau yang ternyata memiliki nilai ekonomi tinggi,” jelasnya.

Kabid Kehutanan pada Dinas Pertanian dan Kehutanan Prasetya mengatakan, pemkab bersama warga terus berupaya memperluas areal hutan bakau di pesisir Rembang. Tahun ini Pemkab kembali mendapat bantuan 60 ribu batang bibit bakau dari DAK Kehutanan untuk memperluas hamparan hutan bakau.

( Saiful Annas / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
24 April 2014 | 20:14 wib
Dibaca: 3
24 April 2014 | 20:04 wib
Dibaca: 152
image
image
24 April 2014 | 19:44 wib
Dibaca: 279
24 April 2014 | 19:34 wib
Dibaca: 437
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER