panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
27 Juni 2012 | 17:24 wib
BKOW Jateng Genjot Produk UMKM


SEMARANG, suaramerdeka.com -
Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Tengah melakukan pembinaan profesionalisme pada 40 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pembinaan ini sangat diperlukan, mengingat banyaknya kendala dan tingginya tingkat persaingan yang harus dihadapi oleh pelaku usaha.

Ketua BKOW Provinsi Jawa Tengah, dr Tuty Hendrawan, mengatakan kendala utama yang dihadapi para pelaku UMKM adalah keterbatasan modal. Dalam hal ini pihaknya mencoba mengupayakan dengan bekerjasama pada bank. Kendala kedua adalah pemasaran. "Mayarakat bisa membuat produk, tapi mereka masih kesulitan menjualnya. Di sini, kami ingin menjembatani. Salah satunya dengan koperasi," ujar Tuty saat ditemui di sela-sela seminar yang bertemakan profesionalisme perempuan pengelola UMKM menuju kemandirian di era globalisasi yang diselenggarakan di Gedung Wanita Semarang, Rabu (27/6).

Tak berhenti sampai hal ini, produk-produk yang dihasilkan pun terus digenjot kualitasnya. Caranya, BKOW bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang. Hasilnya, pelaku UMKM akan diberikan pelatihan pengemasan (Packaging) produk dengan baik dan menarik. Hal ini sangat penting, lantaran tak jarang pembeli tergoda degan kemasan produk yang ditawarkan terlebih dulu.

Produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM di bawah BKOW Jawa Tengah ada beberapa macam. Dari jenis makanan diantaranya adalah aneka ceriping dan keripik, bandeng presto, dan telor asin. Selain itu ada produk pakaian jadi dan hiasan rumah tangga. "Bandeng presto ini menjadi salah satu produk yang laris," terangnya.

Menuju keprofesionalitasan dan kemandirian usaha, maka pelaku UMKM juga diberikan motivasi dan pendidikan karakter berwirausaha. Pelaku usaha harus mampu belajar dari pengalaman orang lain, meningkatkan kerjasama dan mampu menetapkan target usaha. "Pada saat seminar juga dihadirkan pelaku usaha yang telah sukses. Berbagi pengalaman dan bisa ditiru," kata Ketua IV BKOW Jawa Tengah, Dra Antari Udjuwolo.

( Hanung Soekendro / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 24717
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 26342
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 26017
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 29411
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 25301
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER