panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
23 Juni 2012 | 17:28 wib
PPATK: Petugas Bank Harus Curiga Transaksi Tak Wajar


JAKARTA, suaramerdeka.com -
Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menilai, perbankan memiliki peranan penting dalam upaya pemberantasan korupsi. Wakil Kepala PPATK Agus Santoso mengatakan, petugas Bank harus aktif melaporkan kepada PPATK jika menemukan transaksi tidak wajar.

"Petugas bank harus punya kecurigaan bila ada pihak pemesan TC (Travelerscheque/Cek Perjalanan) yang per lembarnya bernominal besar, misalnya Rp 25juta ke atas, dipesan dan dibeli dalam jumlah besar, misal ratusan juta. Pembelian TC dalam jumlah besar seperti ini patut didalami dengan KYC (Know Your Customer) atau Proses Pengenalan Nasabah dan Proses Pendalaman (CDD atau Costumer Due Dilligent), kata Agus kepada Suara Merdeka, Sabtu (23/6).

Menurutnya, saat ini cek perjalanan ditengarai sebagai modus untuk suap atau gratifikasi. Berdasarkan pengamatan atas laporan yang diterima PPATK, cek perjalanan khususnya yang bernominal besar berpeluang digunakan utk suap atau gratifikasi.

"Indikasinya adalah profile keuangan/transaksi pihak-pihak yang mencairkannya tidak sesuai dengan kebutuhannya," kata Agus.

Selain itu, lanjut Agus, transaksi keuangan mencurigakan tidak cuma berdasarkan nominal cek. Pofile/ karakteristik/ kebiasaan transaksi keuangan nasabah juga dapat digunakan untuk menilai transaksi tersebut mencurigakan atau tidak.

Kemudian melalui identifikasi instrumen/produk bank yang digunakan bertransaksi. Contohnya, ada temuan juga yang menemukan cek perjalanan dicairkan oleh seorang pengemudi. "Transaksi seperti ini harus diidentifikasikan sebagai Transaksi Mencurigakan dan wajib dilaporkan ke PPATK", kata Agus.

( Mahendra Bungalan / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
image
25 April 2014 | 12:23 wib
Dibaca: 2
25 April 2014 | 12:08 wib
Dibaca: 87
25 April 2014 | 11:58 wib
Dibaca: 116
image
25 April 2014 | 11:47 wib
Dibaca: 264
25 April 2014 | 11:34 wib
Dibaca: 201
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER