panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 Juni 2012 | 17:13 wib
Sehari Lebih Awal, Muhammadiyah Puasa 30 Hari

 

BANDUNG, suaramerdeka.com - Muhammadiyah akan memulai sehari lebih awal dari ketetapan pemerintah mengenai permulaan Ramadan tahun ini. Meski demikian, Lebaran yang sebelumnya berbeda hari bakal dirayakan secara bersamaan untuk kali ini.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin di sela-sela pembukaan tanwir organisasi di Gedung Merdeka Bandung, Kamis (21/6). "Tahun ini, Lebarannya sama, tapi mengawali Ramadannya berbeda, Muhammadiyah lebih awal," tandasnya.

Menurut Din, perbedaan tersebut tak perlu dipermasalahkan. Hal itu didasari keyakinan keagamaan terutama masih adanya perbedaan dalam cara menentukannya. Perbedaan ini hendaknya disikapi dengan penuh toleransi. "Bagi Muhammadiyah, 1 derajat itu sudah datang hilal. Bagi pemerintah mungkin belum karena harus dilihat dulu. Jadi tak usah dibesar-besarkan," katanya.

Dengan demikian, warga ormas keagamaan terbesar itu diperkirakan akan memulai aktivitas puasanya pada 20 Juli mendatang. Lebaran sendiri jatuh pada 19 Agustus 2012. Sekretaris PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti menambahkan penetapan permulaan bulan puasa didasarkan hasil perhitungan hisab majelis tarjih Muhammadiyah.

"Kalau biasanya hari rayanya lebih dulu, sekarang puasanya yang lebih dulu. Kami satu hari lebih dulu. (Karena kali ini) kami puasanya selama 30 hari sedangkan pemerintah 29 hari," imbuhnya.

Dengan kondisi tersebut, Abdul Mu'ti pun berharap masyarakat dapat menyikapinya secara wajar sebagai bagian kemajemukan umat. "Dapat saling menghormati, ikut bersama-sama memberikan kesempatan menunaikan ibadah secara khusuk dan sempurna," tuturnya.

( Setiady Dwi / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
image
28 Juli 2014 | 13:10 wib
Dibaca: 187
28 Juli 2014 | 12:55 wib
Dibaca: 134
28 Juli 2014 | 12:40 wib
Dibaca: 127
image
28 Juli 2014 | 12:25 wib
Dibaca: 164
28 Juli 2014 | 12:10 wib
Dibaca: 1094
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER