panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
18 Juni 2012 | 13:42 wib
Pendaftaran SMP Plus di Solo 27-29 Juni


SOLO, suaramerdeka.com - Sebanyak 10 SMP negeri di Surakarta ditunjuk menjadi sekolah plus. Di sekolah ini, siswa sama seklai dibebaskan dari seluruh biaya termasuk seragam dan buku. Namun tak sembarang siswa bisa bersekolah di sini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Surakarta Rakhmat Sutomo mengemukakan, ada sejumlah syarat yang harusdipenuhi bagi yang ingin bersekolah gratis tersebut. Yang pertama, peserta didik berkategori kurang mampu dan memiliki kartu Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) gold dan platinum.

Selanjutnya, siswa haruslah warga Solo asli dan lolos proses home visit atau kunjungan ke rumah siswa. Kesepuluh sekolah tersebut yakni SMP 11, SMP 12, SMP 17, SMP 18, SMP 20, SMP 21, SMP 22, SMP 24, SMP 25, dan SMP 26.  Rakhmat mengemukakan, siswa tidak akan dipungut biaya pendidikan baik operasional maupun personal karena semua ditanggung pemerintah kota melalui BPMKS.

"Bahkan mereka akan mendapat seragam dan buku sekolah gratis. Makanya yang boleh bersekolah di SMP ini hanya mereka yang memegang kartu BPMKS gold dan platinum," ujar Rakhmat.

Untuk SMP plus ini, pendaftaran akan dilaksanakan pada 27-29 Juni 2012. Jadwal ini berbeda dengan pendaftaran sekolah reguler yang akan dilangsungkan mulai 2 Juli. Dikemukakan, kesepuluh SMP plus tersebut nantinya akan menggunakan sistem klaster atau rayonisasi.

Setiap SMP akan menerima calon siswa dari SD yang lokasinya berdekatan atau dalam satu klaster. Dikpora telah membuat sepuluh klaster untuk SMP tersebut. Setiap klasternya terdiri atas 16 hingga 55 SD. "Untuk tiap SMP terdiri atas enam kelompok belajar atau 32 siswa. Jika dijumlahkan maka kuota seluruh sekolah plus adalah 1.344 siswa," paparnya.

Dengan penambahan jumlah SMP Plus ini diharapkan jarak sekolah dapat terjangkau karena siswa dapat mendaftar di sekolah terdekat. Dikemukakan, untuk mendaftar sebagai siswa plus, siswa diwajibkan memiliki surat askeskin, jamkesmas, kartu platinum, telah diterima di sekolah yang bersangkutan dan harus benar-benar warga surakarta.

Semua persyaratan tersebut harus dipenuhi dan harus dibuktikan oleh pihak pemeriksa dari sekolah yang bersangkutan karena akan diadakan home visit (kunjungan ke rumah siswa) secara langsung.

( Evie Kusnindya / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
31 Juli 2014 | 22:37 wib
Dibaca: 228
31 Juli 2014 | 22:24 wib
Dibaca: 102
31 Juli 2014 | 22:10 wib
Dibaca: 151
31 Juli 2014 | 21:56 wib
Dibaca: 187
31 Juli 2014 | 21:40 wib
Dibaca: 157
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER