panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
10 Juni 2012 | 11:24 wib
Sekolahan Belum Terapkan Nilai Kejujuran



KUDUS, suaramerdeka.com -
Pengunguman hasil ujian nasional baik SMU maupun SMP sudah berlangsung, dan hal ini tentunya menyisakan sejumlah cerita. Baik mereka yang lulus dengan nilai maksimal maupun mereka yang kurang beruntung sehingga harus mengikuti ujian kejar paket B untuk SMP, maupun C untuk SMU.

Namun sebenarnya yang perlu menjadi perhatian bukanlah masalah lulus dan tidaknya, melainkan bagaimana kualitas pendidikan apakah memang benar sudah sesuai dengan standar dan menerapkan nilai kejujuran.

Pengamat pendidikan, M Basuki Sugita, menjelaskan penilaian kelulusan siswa saat ini tidak hanya berdasarkan hasil nilai ujian nasional akan tetapi 40 persen nilai rapor juga menjadi pertimbangan. "Sisanya nilai kelulusan sebesar 60 persen dari hasil nilai ujian nasional," katanya.

Namun karena ada pengaruh nilai sekolah pada kelulusan, maka banyak dimanfaatkan sekolah menaikkan standar Kriteria Kelulusan Minimal (KKM), dan tentunya hal ini cermin dari ketidakjujuran. "Tak tanggung-tanggung nilai siswa bisa dikatrol sehingga persentase kelulusan juga meningkat, dan ini realita yang terjadi," katanya.

Meskipun nilai persentase kelulusan meningkat, tetapi hal tersebut tidak menjamin kualitas pendidikan. "Sebab banyak terjadi selisih nilai unas dan nilai sekolah jauh berbeda," ujarnya.

Menurutnya, ini disebabkan standar nilai yang ditinggikan dan berdampak pada meningkatnya nilai kelulusan. "Dua tahun terakhir memang nilai sekolah memiliki bobot. Sehingga semakin tinggi nilainya maka semakin besar kelulusan," imbuhnya.

( Ruli Aditio / CN27 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
03 September 2014 | 06:57 wib
Dibaca: 58
03 September 2014 | 06:43 wib
Dibaca: 122
03 September 2014 | 06:30 wib
Dibaca: 283
03 September 2014 | 06:17 wib
Dibaca: 298
03 September 2014 | 06:04 wib
Dibaca: 299
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER