panel header


GUPAK PULUT ORA MANGAN NANGKANE
Capek Bekerja Tidak Dapat Hasilnya
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
31 Mei 2012 | 22:43 wib
Distribusi Elpiji 3 Kg Diverifikasi
image

MENATA ELPIJI 3 KG: Seorang pekerja di agen penyalur elpiji 3 kg di wilayah Manyaran sedang tabung gas elpiji. (suaramerdeka.com / Fani Ayudea)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Guna mencegah kelebihan kuota, mulai 1 Juni 2012 pemerintah melakukan verifikasi distribusi elpiji 3 kg. Verifikasi diberlakukan untuk semua agen penyalur, Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE), dan Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) 3 kg.

Menurut Ketua DPC Hiswana Migas Semarang Trianto Cahyo Legowo, pemerintah akan memverifikasi surat-surat yang terkait dengan penebusan elpiji 3 kg yakni surat jalan ketika mengambil elpiji di SPBE. Verifikasi distribusi elpiji 3 kg rutin dilakukan tiap tahun, supaya Pertamina bisa meminta tagihan subsidi yang sudah dikeluarkan.

"Elpiji 3 kg merupakan subsidi dari pemerintah. Maka dari itu supaya Pertamina bisa menarik subsidi, harus ada verifikasi dari agen, SPBE dan SPPBE supaya hitungan Pertamina dan pemerintah sama. Selain itu juga mencegah over kuota," katanya di sela sela Sosialisasi Verifikasi Refill LPG 3 Kg untuk rayon I dan II di gedung PKK Jateng, Kamis (31/5).

Dalam melaksanakan kegiatan verifikasi pengisian ulang elpiji 3 kg, pemerintah menggunakan jasa konsultan PT Wahana Cipta Bangun Wisma untuk mengecek data yang dimiliki Pertamina dari masing-masing agen dan SPBE/SPPBE. "Kami mendukung program ini. Sebab bila kami tidak memberi data kasihan Pertamina, tidak akan mendapat ganti subsidi dari pemerintah," ujarnya.

Menurut dia, sampai saat ini konsumsi elpiji 3 kg di Jateng tidak melebihi kuota karena distribusi elpiji sudah menggunakan sistem rayonisasi di tiap kota dan kabupaten. Pertamina juga membatasi kuota per kabupaten dan kota.

"Aman, tidak ada kekurangan kuota elpiji 3 kg. Sejak awal distribusi elpiji 3 kg di Jateng sudah tertib. Pasokan juga tidak ada masalah karena Pertamina sudah melakukan rayonisasi. Selama ini para penyalur elpiji 3 kg tidak menemui kendala," tuturnya.

Dibanding provinsi lain, Jateng memiliki pola distribusi elpiji 3 kg lebih baik. Sebab sistem yang digunakan adalah rayonisasi yang sudah jelas kuota per kecamatan hingga kelurahan. Sistem rayonisasi yang berlaku tiap kota dan kabupaten, membuat agen penyalur di Kota Semarang tidak boleh menyalurkan ke Kabupaten Semarang, Kendal, Demak, dan lain-lain.

Di Semarang ada 37 agen penyalur elpiji 3 kg dan 6 SPBE elpiji 3 kg. "Sudah ada pemetaan pangkalan per kecamatan hingga kelurahan. Misal ada kekurangan, yang disuplai langsung ke kecamatan dan kelurahan," ujarnya.

( Fani Ayudea / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
30 Juli 2014 | 11:59 wib
Dibaca: 11
30 Juli 2014 | 11:45 wib
Dibaca: 40
30 Juli 2014 | 11:30 wib
Dibaca: 159
30 Juli 2014 | 11:13 wib
Dibaca: 150
image
30 Juli 2014 | 10:58 wib
Dibaca: 165
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER