panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
30 Mei 2012 | 08:07 wib
Reformasi Birokrasi Oleh Pemerintah Tak Jalan Optimal

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kerangka kebijakan reformasi birokrasi (RB) yang telah disusun oleh pemerintah dinilai tidak akan berjalan dengan optimal. Pasalnya rancangan RB yang dibuat belum mengakomodasi aspek perbedaan karakteristik antarlembaga dan antardaerah. Sementara, suatu lembaga mempunyai persoalan dan sumberdaya yang berbeda.

''Dalam pelaksanaan pasti akan menghadapi kendala karena pemerintah memukul rata kebijakan pelaksanaan reformasi. RB yang disusun tidak berdasar karakteristik masing-masing kementrian maupun lembaga padahal setiap lembaga memiliki kondisi dan sumberdaya yang berbeda,'' jelas Gumilang Aryo Sahadewo, staf pengajar pada Magister Ekonomika Pembanguan (MEP) FEB UGM di kampus setempat.

Disebutkan, rendahnya kualitas pelayanan publik menjadi salah satu sorotan yang diarahkan kepada birokrasi pemerintah dalam memberikan pelayanan masyarakat. Meskipun perbaikan pelayanan publik di era reformasi menjadi harapan seluruh masyarakat, tetapi dalam perjalanannya tidak terjadi perubahan yang signifikan.

Kenyataan inilah mendorong MEP FEB UGM menyelenggarakan seminar untuk merumuskan sejumlah rekomendasi kepada pemerintah terkait aspirasi kementrian dan lembaga di tingkat pusat maupun daerah terkait RB. Dalam seminar nasional yang mengangkat tema ''Tantangan dan Peluang Reformasi Birokrasi Indonesia'' itu juga akan diperkenalkan RB khususnya pada pemerintah daerah.

''Selain itu juga akan membahas kompleksitas desain serta prospek pelaksanaan RB. Termasuk untuk membahas pelaksanaan RB dari sudut pandang pemerintah,'' paparnya yang sekaligus selaku ketua panitia seminar.

Rangkaian seminar, dimulai dengan workshop pada tanggal 1 Juni 2012 yang akan dipandu dosen MEP FEB UGM, Abdul Halim. Sementara seminar nasional akan dilaksanakan pada 2 Juni 2012 di Hyatt Hotel Yogyakarta yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Menghadirkan sejumlah pembicara seperti Erry Riana Hardjapamekas (Ketua Tim Independen Reformasi Birokrasi), Bambang Wijayanto (KPK), Wihana Kirana Jaya (dosen MEP FEB UGM), dan Ainun Na’im (Sekjen dan Ketua Tim Reformasi Kemendikbud). Selain itu juga akan dihadirkan sejumlah pimpinan dari beberapa daerah di Indonesia seperti Gubernur Jambi, Gubernur Banten, Bupati Gunungkidul, dan Walikota Tangerang.

( Bambang Unjianto / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
24 Juli 2014 | 22:20 wib
Dibaca: 72
24 Juli 2014 | 22:09 wib
Dibaca: 85
24 Juli 2014 | 21:57 wib
Dibaca: 83
24 Juli 2014 | 21:46 wib
Dibaca: 137
24 Juli 2014 | 21:36 wib
Dibaca: 123
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER