panel header


NABOK NYILIH TANGAN
Memanfaatkan Orang Untuk Melakukan Sesuatu
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
25 Mei 2012 | 11:42 wib
Terkait Percepatan Konversi Minyak ke Gas
Dirut PT BPE Tandatangani Nota Kesepahaman Pemanfaatan Gas

BLORA, suaramerdeka.com - Pemerintah mendorong Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memanfaatkan potensi gas yang ada di wilayahnya masing-masing seoptimal mungkin. Hal itu dalam rangka mendukung program pemerintah mewujudkan konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi Bahan Bakar Gas (BBG).

Terkait hal tersebut, telah ditandatangani nota kesepahaman antara 12 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) produsen gas dengan 17 BUMD yang telah memperoleh alokasi gas dari KKKS. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di sela-sela The 36 th IPA Annual Convention and Exhibition Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC). Penandatanganan disaksikan oleh Kepala BP Migas R Priyono.

"Dengan penandatanganan itu kami diminta memanfaatkan gas yang ada di Blora semaksimal mungkin. Seperti untuk program city gas," ujar Direktur Utama PT Blora Patra Energi (BPE), Christian Prasetya, salah satu pimpinan BUMD yang menandatangani nota kesepahaman, Jumat (25/5). 

Selain dari Blora, BUMD lainnya yang menandatangani nota kesepahaman adalah dari sejumlah kabupaten di Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi dan Sumatera. BUMD itu antara lain adalah PT Bina Bangun Wibawa Mukti, PT Bangkit Bangun Sarana, BUMD Bangkalan, PT Gresik Migas, PT Sampang Mandiri Perkasa, PT Petrogas Jatim Utama, PT Riau Petroleum, PT Jambi Indoguna Internasional, BUMD Kabupaten Wajo, BUMD Kabupaten Nunukan, BUMD Morowali, PT Wirausaha Sumekar, PD  Aneka Usaha, Perusda Pertambangan dan Energi, PT Pembangunan Investasi Riau serta PT Petro Muba.  

Adapun KKKS yang menandatangani nota kesepahaman adalah Pertamina EP, Pertamina Hulu Energi WMO, Santos Sampang, Lapindo Brantas, Petronas Carigali Ketapang, Petrochina International Jabung, JOB Pertamina-Talisman, JOB Pertamina East Java, Job Pertamina Medco Tomori. 

Khusus untuk Blora, pemerintah pusat telah mengalokasikan sebagian produksi gas di Desa Sumber Kecamatan Kradenan. Gas tersebut merupakan bagian dari produksi gas untuk Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ). Hanya saja hingga kini gas tersebut belum berproduksi.

"Sesuai agenda, tahun ini adalah tahap perencanaan, 2013 masuk tahap kontruksi dan 2014 produksi. Jika proyek PPGJ berjalan lancar, pemanfaatan gas oleh BUMD sesuai yang dialokasikan kepada kami juga bisa segera dilakukan," tandas Christian.

( Abdul Muiz / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 34304
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 35567
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 35808
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 39878
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 34949
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER