panel header


AMBEG PRAMA ARTA
Memberikan Prioritas Pada Hal-hal Yang Mulia
panel menu
panel news ticker
Kanal Sehat -- Empat Manfaat Kasih Ibu bagi Kesehatan Anak Bagi pencinta game online, kini telah hadir ribuan game yang bisa dimainkan secara gratis di suaramerdeka.com. Ayo para game mania, buruan manfaatkan kanal game online kami di http://suaramerdeka.matchmove.com/games
panel iklan Hosrizon
panel main 1
25 Mei 2012 | 08:48 wib
Publik Berhak Kontrol Potensi Pencemaran

KUDUS, suaramerdeka.com - Upaya PG Rendeng yang telah mempersiapkan instalasi khusus untuk menekan potensi pencemaran tahun ini, perlu diapresiasi. Hanya saja, hal tersebut harus ditunggu pembuktiannya.

Bila memang masih ada dampak produksi yang belum tertangani dengan baik dan mengganggu masyarakat sekitar, publik berhak untuk mempertanyakan dan bahkan menuntutnya sesuai dengan UU Lingkungan Hidup. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Telaah untuk Penyelamatan Alam dan Kebudayaan (Tapak) Agus Sunarto, Jumat (25/5).

Ditambahkannya, publik berhak mengontrol atas hal-hal apa saja yang terjadi di sekitarnya. "Masyarakat dapat ikut mengontrol potensi pencemaran yang mungkin terjadi, termasuk terkait aktivitas giling PG Rendeng," jelasnya.

Diakuinya, hingga saat sekarang hal tersebut belum pernah dilakukan. Bahkan, Agus mengaku pesimistis bila upaya itu akan dapat dimenangkan masyarakat seandainya benar terjadi pencemaran. Kondisi seperti itu didasarkan atas sejumlah proses peradilan terkait kasus lingkungan hidup di sejumlah daerah. "Tetapi masyarakat tetap harus ikut mengontrol hal-hal seperti itu," tuturnya.

Hal serupa juga dikemukakan Mochamad Widjanarko dari Muria Research Center (MRC) Indonesia. Menurutnya, persoalan tersebut sudah berlangsung hampir setiap tahun. Bila melihat kondisi seperti itu, semua pihak khususnya pengelola PG Rendeng diharapkan dapat mengantisipasinya.

Bila di kemudian hari ditemukan dampak giling yang merugikan masyarakat, maka ada saluran untuk dapat menyelesaikannya. Salah satunya dengan membawa hal tersebut ke proses hukum dengan mendasarkan pada UU Lingkungan Hidup.

Sementara itu, sebelumnya Administratur PG Rendeng Teguh Agung Tri Nugroho menyatakan tahun ini pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk menekan kemungkinan seperti itu. PG Rendeng juga sudah mempersiapkan instalasi pengelolaan limbah yang nominalnya diperkirakan mencapai Rp 1,1 miliar.

( Anton WH / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
20 April 2014 | 17:42 wib
Dibaca: 4
20 April 2014 | 17:17 wib
Dibaca: 295
20 April 2014 | 17:05 wib
Dibaca: 267
20 April 2014 | 16:55 wib
Dibaca: 233
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
13 April 2014 | 16:56 wib
07 April 2014 | 21:40 wib
12 April 2014 | 17:55 wib
02 April 2014 | 00:53 wib
FOOTER