panel header


CRAH AGAWE BUBRAH
Bercerai Kita Runtuh
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
25 Mei 2012 | 08:26 wib
UGM dan Astra Tanam 110 Ribu Pohon di Wanagama

 

GUNUNGKIDUL, suaramerdeka.com - UGM dan PT Astra Group melakukan penanaman bibit pohon di hutan pendidikan Wanagama. Sebanyak 110 ribu pohon yang ditanam berjenis tanaman keras seperti jati, mahoni, kemiri, ebony, nangka dan cendana.

Penanaman simbolik dilakukan Bupati Gunungkidul Hj Badingah SSos, Rektor UGM terpilih Prof Dr Pratikno MSocSc, Dekan Fakultas Kehutanan UGM Prof Dr Ir Mochammad Na'iem MAgrSc dan Direktur Astra Honda Motor David Budiono serta jajaran manajemen Astra Group.

David Budiono mengatakan, kegiatan itu merupakan komitmen Astra Group yang tengah berulang tahun ke-55 untuk berkontribusi secara besar dalam upaya penghijauan dan pelestarian hutan. Dengan penghijauan hutan diharapkan ekosistem kembali seperti semula dan iklim menjadi pulih seperti sedia kala.

Rektor terpilih UGM Prof Pratikno mengungkapkan, Wanagama bagi UGM sangat penting dan merupakan simbol dari pengabdian. Sebab di tahun-tahun 1960-an, daerah itu sangat kering, tandus dan tanpa sumber air. "Atas dedikasi para senior kita, kawasan ini menjadi kawasan yang subur dan penuh dengan pepohonan, serta sumber air," ungkapnya.

Wanagama yang subur menjadi bukti dari kerja keras dan dedikasi, serta interaksi dari semua pihak baik pemerintah dan masyarakat sekitar. Pengembangan hutan yag semakin lestari menjadikan semakin banyak mitra melakukan kerja sama, termasuk Astra.

Bahkan Hutan Wanagama telah menjadi model, beberapa tokoh dunia sempat melakukan kunjungan ke hutan itu, termasuk Pangeran Charles. "Karenanya kita perlu terus mengembangkan, karena salah satu masalah serius yang dihadapi dunia saat ini adalah masalah deforestasi," tuturnya.

Hj Badingah menyambut baik program CSR yang dilakukan Astra di Gunungkidul. Karena hutan memberikan banyak manfaat, dan kini telah muncul kesadaran banyak pihak bahwa fungsi hutan merupakan penyeimbang lingkungan ekologi, sosial dan ekonomi.

( Bambang Unjianto / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 13039
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 13771
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 13546
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 15924
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 13113
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER