panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
23 Mei 2012 | 08:16 wib
Tiga Tahun Senpi KPPBC Kudus 'Menganggur'

KUDUS, suaramerdeka.com - Sejak melengkapi diri dengan senjata api (senpi) tiga tahun yang lalu, aparat Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kudus belum pernah menggunakan piranti tersebut.

Meskipun perlawanan pelaku pelanggaran rokok ilegal semakin ketat, namun petugas memilih untuk mengedepankan pendekatan persuasif. Meskipun demikian, institusi tersebut memastikan akan tetap menggunakan senjata api dengan melihat kondisi lapangan, saat digelar operasi cukai. Penegasan tersebut disampaikan Kepala KPPBC Nugroho Wahyu Widodo, Rabu (23/5).

Ditambahkannya, penggunaan senjata api di lingkungan KPPBC dipastikan tetap mendasarkan pada aturan yang berlaku. "Secara regulasi, kami memang diperbolehkan untuk menggunakan senjata api," katanya.

Mengenai dasar penggunaannya yakni Undang-undang nomor 17 Tahun 2006 Tentang Kepabeanan, dan Undang-undang nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai. Bila melihat dari regulasi seperti itu, petugas memang diperbolehkan untuk menggunakan sarana seperti itu. "Senjata yang kami gunakan jenis senapan SBC dan pistol P3," ujarnya.

Pihak yang memegang senjata dipastikan mereka yang terpilih. Selain sudah lolos serangkaian tes, berbagai legalitas lainnya juga perlu dipenuhi. Diakuinya, banyak pihak yang sering mempertanyakan apa perlunya petugas bea dan cukai dilengkapi senjata api.

Persoalannya, mereka tidak pernah mengetahui perlawanan pelaku rokok ilegal yang saat sekarang sudah sedemikian nekat. "Bila memang kondisi di lapangan membahayakan anggota kami dan situasi membutuhkannya, sesuai ketentuan kami dapat menggunakannya," jelasnya.

Meskipun begitu, Nugroho memastikan akan mempriroritaskan pola pendekatan lainnya. Upaya seperti itu untuk memastikan penggunaan senjata api merupakan langkah terakhir.

( Anton WH / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
23 Juli 2014 | 02:43 wib
Dibaca: 63
23 Juli 2014 | 02:27 wib
Dibaca: 187
23 Juli 2014 | 02:12 wib
Dibaca: 140
23 Juli 2014 | 01:58 wib
Dibaca: 120
image
23 Juli 2014 | 01:38 wib
Dibaca: 168
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER