panel header


NGUYAHI BANYU SEGARA
Melakukan Hal yang Sia-Sia
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
21 Mei 2012 | 07:58 wib
MoU Penghijauan Tetap Diberlakukan

KUDUS, suaramerdeka.com - Hingga saat sekarang PT Djarum Kudus masih terus memberlakukan persyaratan bagi penerima bibit penghijauan dari perusahaan rokok tersebut. Selain harus merawat, pihak yang mendapatkan bantuan vegetasi peneduh juga harus bersedia bila sewaktu-waktu ada inspeksi mendadak (sidak).

Program Director Djarum Foundation Primadi M Serad menyatakan kebijakan tersebut sudah diberlakukan sejak tahun 2006 lalu. Tujuan utamanya, yakni mengajak pihak meminta bantuan untuk dapat ikut merawat tanaman yang diterimanya. ''Hingga saat sekarang masih terus kami berlakukan,'' katanya.

Sebenarnya, penandatanganan memorandum of understanding (MoU) tersebut bukan merupakan aturan dengan sederet sanksi-sanksi bagi pelanggarnya. Bila diketahui banyak tanaman penghijauan yang akhirnya mati, pihaknya juga tidak memberikan sanksi yang berlebihan. Meskipun begitu, pada kesempatan berikutnya penerima yang seperti itu dipastikan akan dipertimbangkan ulang bila meminta bibit tanaman lagi.

''Sekali lagi, hal tersebut dimaksudkan agar semua pihak mempunyai kesadaran untuk dapat merawat dan menjaga pohon penghijauan,'' ungkapnya.

Pihaknya hanya ingin penerima dapat mempertanggungjawabkan bibit tanaman yang diberikan. Meskipun begitu, berdasarkan pengamatannya kebijakan seperti itu dianggap cukup efektif. ''Dari hasil pantauan di lapangan sebagian besar pohon penghijauan dapat tumbuh dengan baik,'' jelasnya.

Diakuinya, beberapa memang tidak tumbuh sesuai kondisi yang diharapkan. Hanya saja dia menegaskan jumlahnya tidak banyak. ''Masih lebih banyak yang dapat tumbuh dengan baik,'' ungkapnya.

Pada masa mendatang, pihaknya menegaskan tetap akan memberlakukan ketentuan seperti itu. Primadi juga mempersilahkan masyarakat yang meminta bibit pohon penghijauan untuk ditanam di lokasi tempat program penghijauan. Menurutnya, kesadaran untuk dapat terus menghijaukan lingkungan khususnya kawasan kritis akan tetap ditingkatkan. ''Kami akan terus mendukung upaya seperti itu,'' imbuhnya.

( Anton WH / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 5510
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 6156
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 5952
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 7442
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 5725
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER