panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
04 Mei 2012 | 10:25 wib
Arak Tebu Temanten
PG Tasikmadu Siap Giling 4,392 Juta Kuintal Tebu
image

TEMANTEN: Tebu temanten diarak keliling pabrik menandai awal pesta giling tebu di PG Tasikmadu. (suaramerdeka.com / Joko Dwi Hastanto)

KARANGANYAR, suaramerdeka.com – Arak-arakan tebu temanten Bagus Joko Seger dan Roro Ayu Radit Manis, mengawali prosesi giling tebu di Pabrik Gula (PG) Tasikmadu. Sebanyak 4,392 juta kuital tebu akan digiling selama 131 hari giling.

Kamis sore sebelumnya, juga dilakukan prosesi mengarak kepala kerbau yang ditanam di area pabrik, yang juga salah satu budaya warisan menjelang pesta giling. Kebiasaan yang sudah dilakukan sejak zaman Mangkunegoro IV pada tahun 1871, ketika pabrik ini didirikan.

"PG Tasikmadu memiliki masa giling terpanjang dibandingkan dengan PG yang lain. Kami memiliki pasokan dari kebun di tujuh kabupaten. Yakni di Karanganyar, Sragen, Boyolali, Wonogiri, Sukoharjo, ditambah Grobogan dan Kabupaten Semarang, dengan luas areal mencapai 6 ribu hektare," kata Bambang Sucahyo, Administratur, Jumat (4/5).

Acara prosesi giling simbolis tebu temanten disaksikan Bupati Rina Iriani dan sejumlah pejabat Pemkab Karanganyar, perwakilan petani dari tujuh wilayah perkebunan, dan juga dari masyarakat setempat. Dia mengatakan, dibandingkan target produksi tebu yang dicanangkan, tahun ini ada peningkatan. Sebab targetnya hanya 3,9 juta kuintal saja.

Tetapi ternyata dihitung akan tercapai 4,392 juta kuintal. Angka itu sebetulnya baru akan dicapai pada 2013.  Selama masa giling, setiap hari akan digiling sebanyak 30.500 kuintal tebu. Dengan rendemen sebesar 7,2 persen pada tahun ini, diharapkan produksi gula akan bisa maksimal, dan mencapai sekitar 700 ribu ton.

Rendemen juga meningkat karena targetnya hanya sekitar 7 persen saja. Seluruh gula hasil giling menjadi hak petani sebesar 97 persen sisanya menjadi bagian pabrik. Gula akan dilelang kepada pihak ketiga, selanjutnya menjadi hak pemenang lelang untuk menentukan harga jual ke pasar.

Dikatakannya, seiring dengan perbaikan yang dilakukan, rendemen diharapkan juga akan terus meningkat. Apalagi tahun ini
cuaca sangat mendukung produksi tanaman tebu. Karena itu harapannya tebu yang akan digiling memiliki kualitas yang cukup.

( Joko Dwi Hastanto / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
23 Juli 2014 | 14:47 wib
Dibaca: 77
23 Juli 2014 | 14:36 wib
Dibaca: 103
23 Juli 2014 | 14:25 wib
Dibaca: 90
23 Juli 2014 | 14:14 wib
Dibaca: 160
23 Juli 2014 | 14:03 wib
Dibaca: 135
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER