panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
01 Mei 2012 | 17:29 wib
Hari Buruh Diwarnai Sweeping dan Lempar Batu


SUKOHARJO, suaramerdeka.com - Peringatan Hari Buruh diwarnai dengan pelemparan batu yang dilakukan peserta demo ke pintu PT San Marino Damai Sejahtera, di Cemani, Grogol.

Perusahaan itu sendiri diduga kuat merupakan anak perusahaan PT Diana Plastik Grogol yang bermasalah dengan pekerjanya dan belum selesai. Bahkan, sehari sebelumnya para pekerja PT Diana melakukan aksi telanjang dada di DPRD Sukoharjo.

Selain melempari pintu perusahaan tersebut, peserta aksi sempat membakar ban bekas serta melakukan sweeping karyawan di perusahaan yang berada sekitar lokasi. Tujuan mereka adalah mengajak pekerja untuk melakukan aksi memperingati Hari Buruh.

Sempat terjadi ketegangan antara pihak perusahaan dengan peserta aksi. Sebab lemparan batu tersebut dikhawatirkan mengenai perusahaan lain dan orang. Beruntung aparat yang mengawal aksi itu bisa mengendalikannya. Selanjutnya para peserta aksi bergerak ke lokasi lain melakukan demo.

Di tempat lain, seratusan buruh juga melakukan aksi di Pemkab Sukoharjo. Di sana mereka melakukan orasi terkait dengan kondisi buruh saat ini. Mereka kemudian audensi dengan Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya.

Peserta aksi yang tergabung dalam Forum Peduli Buruh (FPB) Sukoharjo menyatakan sikap. Ada tiga poin yang disampaikan peserta aksi. Pertama mendorong revisi Permen 17/2005 tentang Komponen Kebutuhan Hidup Layak. Kedua, pemerintah harus segera membuat Perda tentang formula penghitungan nilai KHL. Sedang ketiga Pemkab Sukoharjo harus merealisasikan komitmen terhadap pengawasan sistem ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial terhadap pekerja.

( Heru Susilo / CN32 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
30 Juli 2014 | 14:10 wib
Dibaca: 9
30 Juli 2014 | 13:58 wib
Dibaca: 26
30 Juli 2014 | 13:39 wib
Dibaca: 188
image
30 Juli 2014 | 13:26 wib
Dibaca: 171
30 Juli 2014 | 13:09 wib
Dibaca: 175
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER