panel header


BECIK KETITIK ALA KETARA
Berbuat Baik Atau Buruk Akhirnya Terlihat Juga
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
13 April 2012 | 09:35 wib
Revisi Target Cukai Kudus Dimungkinkan

KUDUS, suaramerdeka.com - Revisi target cukai yang dibebankan kepada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kudus tahun ini tetap dimungkinkan. Kebijakan seperti itu baru dapat ditentukan dengan melihat hasil pencapaian setoran cukai pada akhir semester pertama, yakni sekitar bulan Juni atau awal Juli.

Kepala KPPBC Nugroho Wahyu Widodo mengemukakan, tahun ini pihaknya ditarget dapat menyetor Rp 19,1 triliun. Nominal tersebut sejauh ini yang terbesar dari seluruh KPPBC di Indonesia. Target tahun 2011 ditetapkan Rp 17,3 triliun, sementara realisasinya lebih dari Rp 18 triliun.

Adapun pada 2010 pihaknya mendapat setoran cukai mencapai Rp 18,6 triliun atau 107,7 persen dari target yang ditentukan." Tahun ini setoran kita memang terbanyak," katanya, Jumat (13/4).

Hanya saja, hingga triwulan pertama setoran yang diterima baru mencapai 24,7 persen. Padahal, seharusnya pencapaiannya mencapai 25 persen. Meskipun begitu, pihaknya tidak akan terburu-buru menyimpulkan pencapaian target tidak sesuai harapan. Pasalnya, sisa waktu yagn ada diharapkan masih dapat mengejar kekurangan yang ada.

Kondisi serupa juga ternyata pada beberapa tahun sebelumnya. "Kami berharap banyak pada pencapaian bulan-bulan sebelumnya," ujarnya.

Namun  begitu, seandainya pada akhir semester pertama prosentase cukainya masih di bawah 30 persen, KPPBC akan mengusulkan revisi kepada pemerintah pusat. Seandainya pencapaian masih sebesar itu, dipastikan tidak akan menutup target pada akhir tahun. "Harus dilihat terlebih dahulu kondisi akhir Juni atau awal Juli mendatang," imbuhnya.

Mengenai revisi penambahan, bila melihat dinamika yang ada sekarang ini diyakini sulit direalisasikan. Meskipun segala sesuatunya menjadi kewenangan pemerintah pusat, tetapi dengan melihat kondisi di lapangan sepertinya hal itu sulit dilakukan. "Diperkirakan target tidak akan ditambah lagi," paparnya.

( Anton WH / CN26 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
24 Juli 2014 | 17:38 wib
Dibaca: 8
24 Juli 2014 | 17:27 wib
Dibaca: 110
image
24 Juli 2014 | 17:16 wib
Dibaca: 146
24 Juli 2014 | 17:05 wib
Dibaca: 89
24 Juli 2014 | 16:52 wib
Dibaca: 133
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER