panel header


ALON ALON WATON KELAKON
Pelan Pelan Saja Asal Berhasil
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
29 Maret 2012 | 13:02 wib
Layanan On Line Pertama di Jateng
Bikin BPKB, Cukup Sehari Selesai

SURAKARTA, suaramerdeka.com - Jajaran Sat Lantas Polres Karanganyar mendapatkan kepercayaan, menggunakan fasilitas on line untuk layanan pembuatan BPKB (Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor). Ini merupakan layanan pertama di Jateng, dan ketiga secara nasional, setelah Polda Metro Jaya dan Polresta Malang.

"Dengan layanan ini, membuat BPKB tidak lagi berhari-hari, namun cukup sehari sudah jadi. Bahkan kalau dikalkulasi, layanannya cukup lima menit satu buku sudah selesai," kata Kasat Lantas AKP Aidil Fitrisyah, mewakili Kapolres.

Aidil mengatakan, jika dulu tanda tangan Kapolres harus dilakukan secara manual. Maka kini penandatanganan dicoba dengan sistem on line. Artinya, berkas yang akan ditanda tangan Kapolres cukup dilihat di komputer. Setelah itu, tanda tangan di buku BPKB juga cukup dilakukan secara elektrik. Kapolres bisa membuka berkas itu di mana saja, kapan saja.

Jika setelah diteliti, tidak ada kesalahan lagi, maka berkas langsung disetujui, dan petugas di Kantor layanan bersama satu atap (Samsat) Karanganyar langsung mencetak buku itu. "Ternyata model ini sangat praktis. Dalam sehari, 100 berkas bisa diselesaikan," kata Aidil.

Aidil mengatakan, kata kunci (pass word) untuk membuka berkas dan tanda tangan elektrik itu, tentu hanya Kapolres yang mengetahui. Karena itulah sejak awal proses layanan ini sudah sangat aman, sehingga tidak mungkin ada pembobolan BPKB kendaraan bodong yang lolos.

( Joko Dwi Hastanto / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 12647
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 13388
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 13168
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 15532
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 12741
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER