panel header


OJO ADIGANG, ADIGUNG, ADIGUNA
Jangan Sok Kuasa, Sok Besar, Sok Sakti
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
17 Maret 2012 | 17:56 wib
PPDB Eks Karesidenan Surakarta Akan Disamakan

SOLO, suaramerdeka.com - Pada tahun ini, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) semua jenjang pendidikan untuk tujuh kabupaten/kota di eks karesidenan Surakarta akan disamakan. Berbeda dengan tahun lalu, di mana jadwal PPDB untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) berbeda-beda, dan ditentukan masing-masing wilayah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Surakarta, Rakhmat Sutomo mengatakan, dalam aturannya PPDB RSBI diperbolehkan mendahului sekolah reguler. Namun pada saat koordinasi Ujian Nasional (UN), awal pekan kemarin, disepakati jadwal PPDB RSBI di eks karesidenan akan disamakan. Demikian halnya dengan jadwal PPDB yang reguler.

Pelaksanaan PPDB reguler dilaksanakan setelah pengumuman PPDB RSBI. "Disamakan, agar sekolah tidak saling iri dan mendahului. Agar siswa yang mendaftar bukan hanya spekulasi. Tapi benar-benar sesuai dengan keinginannya," kata Rakhmat saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (17/3).

Tak hanya dari sisi waktu pelaksanaannya, biaya pendaftaran untuk jenjang SMA sederajad juga disamakan nilainya. Namun belum dijelaskan hingga detail berapa nominalnya. Biaya yang nantinya ditetapkan masih dalam standar wajar dan tidak memberatkan orang tua siswa. Sementara itu, untuk biaya pendaftaran siswa jenjang SD dan SMP diambilkan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Lebih lanjut, Rakhmat menjelaskan, jika dalam penerimaan itu nantinya akan ada sistem pendampingan dari lembaga resmi. Tujuannya untuk memperlancar proses PPDB yang akan melibatkan ribuan siswa.

Sementara itu mengenai jadwal pelaksanaan pendaftaran, Rakhmat belum mau mengatakan. "Jadwalnya nanti saja. Saat ini siswa, sekolah dan orang tua fokus dulu ke pelaksanaan UN. Karena ada beberapa hal yang berbeda jika dibandingkan dengan UN tahun lalu. Nanti siswa dan semua guru akan menandatangani pakta integritas UN," ujar Rakhmat.

( Hanung Soekendro / CN31 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 24940
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 26580
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 26266
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 29661
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 25532
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER