panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
07 Maret 2012 | 19:22 wib
Melanggar Hak Cipta, Alat Karaoke Bandungan Disita

 

UNGARAN, suaramerdeka.com - Diduga melanggar karena tidak mengantongi izin dari Karya Cipta Indonesia (KCI), karaoke Van Java di Jalan Tirtomoyo, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang digerebek petugas Satreskrim Polres Semarang, Selasa (6/3). Dari penggerebegan tersebut petugas menyita satu set alat musik.

Kasat Reskrim Polres Semarang, AKP Agus Puryadi mengatakan, pengerebegan tersebut berawal dari laporan KCI yang diterima pihaknya. Dalam laporannya, KCI mensinyalir ada sejumlah usaha karaoke di wilayah Bandungan yang tidak memliki izin hak cipta karena belum mendaftar ke KCI.

Karaoke tersebut telah menggunakan lagu ciptaan orang lain untuk usahanya. "Siapa saja yang memasarkan atau menggunakan lagu ciptaan orang lain untuk usaha, pemilik diwajibkan membayar royalti kepada pemilik lagu,” katanya.

Saat digrebeg, lanjut Kasat, si pemilik karaoke ternyata tidak bisa menunjukan surat izin dari KCI. Akhirnya petugas menyita sejumlah barang bukti, di antaranya sebuah power music, DVD player dan sebuah mixer audio. Karena melanggar, pemilik usaha karaoke akan dijerat dengan Pasal 72 ayat 2 Undang-undang RI Nomor 19 Tahun 2002 tentang hak cipta.

Untuk memastikan pemilik mengantongi izin, Kasat berjanji akan mengembangkan penyidikan ke unit karoke lainnya di wilayah wisata Bandungan. "Masih ada sejumlah karaoke lagi di wilayah Bandungan yang belum mendaftar ke KCI. Pihak KCI telah menyerahkan sejumlah nama-nama karaoke tersebut untuk ditindak," tuturnya.

( Ranin Agung / CN33 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
05 September 2014 | 23:56 wib
Dibaca: 5595
05 September 2014 | 23:45 wib
Dibaca: 6249
05 September 2014 | 23:30 wib
Dibaca: 6035
image
05 September 2014 | 23:15 wib
Dibaca: 7537
05 September 2014 | 23:00 wib
Dibaca: 5817
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER