panel header


MANGAN ORA MANGAN NGUMPUL
Tetap Bersatu Meski Dalam Kemiskinan
panel menu
panel news ticker
Dapatkan Gratis Aplikasi Suaramerdeka untuk Android.
panel iklan Hosrizon
panel main 1
17 Februari 2012 | 11:12 wib
Wonogiri Masuk Peta Jalur Wisata Selatan-selatan

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Wisata Pantai selatan Kabupaten Wonogiri, masuk dalam peta jalur wisata antarprovinsi wilayah selatan-selatan. Berada dalam garis kunjungan wisata Pacitan (Jatim), Wonogiri (Jateng) dan Wonosari (DI Yogyakarta). Yang ketiga titik di tiga kabupaten di tiga wilayah provinsi ini, memiliki garis kunjungan dengan objek wisata di Solo dan Yogyakarta.

''Wisatawan dari Solo, biasa melakukan kunjungan ke Kabupaten Wonogiri, Pacitan dan Wonosari, kemudian dilanjutkan ke Yogyakarta. Demikian pula sebaliknya, para wisatawan yang datang dari Yogyakarta,'' tutur Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Olah Raga (Disbudparpora) Wonogiri, Drs Pranoto MM.

Di lintas wisata selatan-selatan ini, memiliki potensi dukungan wisata baru Museum Kars di Kecamatan Pracimantoro dan Museum Wayang Indonesia di Kecamatan Wuryantoro. Di Kabupaten Wonogiri, tidak saja memiliki objek wisata pantai selatan. Tapi masih memiliki enam objek wisata alam lain, yakni Waduk Gajahmungkur sebagai objek wisata tirta, objek wisata spiritual petilasan pertapaan Panembahan Senapati di Kahyangan Dlepih Kecamatan Tirtomoyo.

Kemudian potensi wisata Goa Putri Kencana di Kecamatan Pracimantoro yang memiliki keindahan stalaktit dan stalakmit, objek wisata spritual Sendang Siwani di Kecamatan Selogiri sebagai petilasan pertapaan Pangeran Sambernyawa, objek wana wisata dan air terjun di Girimanik Setren Kecamatan Slogohimo, dan objek wisata Goa Sodong termasuk di dalamnya Museum Kars dan rintisan objek wisata jagad spiritual di Kecamatan Pracimantoro. ''Dari sisi 'heritage' (warisan), Kabupaten Wonogiri terbantu oleh keberadaan Museum Kars di Kecamatan Pracimantoro,'' tegas Pranoto.

Juga terbantu oleh perintisan objek wisata jagad spiritual yang letaknya menyatu dengan Museum Kars. Terbangunnya Pura Puncak Gunung Sewu di Pracimantoro, sebagai awal perintisan objek wisata jagad spiritual, itu menjadikan daya tarik umat Hindu dari Bali, setiap saat datang melakukan sembahyangan di Pracimantoro. ''Orang Wonogiri melancong ke Bali, itu biasa. Tapi orang Bali berwisata ke Wonogiri, itu menjadi sesuatu yang luar biasa,'' ujarnya.

Pranoto, budayawan Jawa peraih anugerah gelar bintang budaya, menilai, pengembangan wisata di Wonogiri masih setengah hati, belum mendapatkan dukungan penuh dari para stake holder. Meski di sisi lain, target pendapatan dari sektor pariwisata Kabupaten Wonogiri, tahun ini dilipatgandakan dari semula Rp 1,6 miliar menjadi Rp 4 miliar.

Kepala Disbudparpora, Pranoto, yang juga abdi dalem Keraton Surakarta bergelar Kanjeng Raden Arya (KRA) Adiningrat ini, menggagas akan membangun 1.000 gasebo, sebagai fasilitas bagi pengunjung pantai selatan. ''Utamanya untuk sarana bagi pelancong ketika menikmati keindahan potensi pantai dan laut selatan,'' ujarnya.

Keberadaan fasilitas seribu gasebo, itu diharapkan dapat menjadi ikon bagi pengembangan wisata pantai selatan Kabupaten Wonogiri. ''Bila siang berfungsi memberikan keteduhan para pelancong yang menikmati gelombang laut. Ganti manakala malam, gasebo itu dapat dipakai untuk warga yang melakukan tirakat spiritual,'' kata Pranoto.

( Bambang Purnomo / CN34 / JBSM )
Untuk berita terbaru, ikuti kami di Twitter twitter dan Facebook Facebook
Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad
Bookmark and Share

Baca Juga


Panel menu
Berita Terbaru
28 Juli 2014 | 21:00 wib
Dibaca: 52
28 Juli 2014 | 20:40 wib
Dibaca: 162
28 Juli 2014 | 20:20 wib
Dibaca: 124
28 Juli 2014 | 20:00 wib
Dibaca: 207
Panel menu tepopuler dan terkomentar
 Berita Terpopuler
FOOTER